Menlu Baru AS Kritik Rusia dan Ancam Jatuhkan Sanksi Baru pada Korut

Jum'at, 05 Februari 2021 - 02:07 WIB
loading...
Menlu Baru AS Kritik Rusia dan Ancam Jatuhkan Sanksi Baru pada Korut
Blinken menuturkan, pihaknya akan mempertimbangkan sanksi baru terhadap Korut dan mengkritik Rusia atas tindakan keras terhadap demonstran pendukung Alexei Navalny. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Menteri Luar Negeri baru Amerika Serikat (AS) , Antony Blinken menuturkan, pihaknya akan mempertimbangkan sanksi baru terhadap Korea Utara (Korut). Dia juga mengkritik Rusia dan mengisyaratkan respon keras atas tindakan Rusia terhadap demonstran dan penangkapanAlexei Navalny.

Dalam sebuah wawancara dengan NBC News, Blinken mengatakan bahwa alat yang ditujukan untuk denuklirisasi Semenanjung Korea, termasuk sanksi tambahan dalam koordinasi dengan sekutu AS, serta insentif diplomatik yang tidak dia sebutkan.

Lalu, Blinken menyinggung soal Rusia, dengan mengatakan bahwa dia sangat terganggu oleh tindakan keras terhadap pengunjuk rasa dan penangkapan orang-orang di seluruh negeri. Ia menuntut pembebasan pemimpin oposisi Rusia, Alexei Navalny.

Baca juga: Menteri Turki Sebut AS di Balik Kudeta Gagal 2016

"Pemerintah Rusia membuat kesalahan besar jika mereka yakin ini tentang kami," katanya dalam wawancara tersebut, seperti dilansir Reuters pada Selasa (2/2/2021).

"Ini tentang mereka. Ini tentang pemerintah. Ini tentang rasa frustrasi rakyat Rusia terhadap korupsi, dengan otokrasi, dan saya pikir mereka perlu mencari ke dalam, bukan ke luar," sambungnya.

Baca juga: Hicks: Sistem Rudal AS Bertujuan Mencegah Serangan Nuklir Korut

Blinken kemudian mengatakan dia sedang meninjau tanggapan atas tindakan terhadap Navalny, serta campur tangan Rusia dalam pemilihan umum AS pada tahun 2020 dan dugaan pemberiaan hadiah kepada milisi untuk memburu tentara AS di Afghanistan.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1745 seconds (0.1#10.140)