Biden Bekukan Penjualan Senjata ke Arab Saudi dan UEA

Kamis, 28 Januari 2021 - 04:33 WIB
loading...
A A A
Tidak jelas berapa lama pembekuan tersebut akan diberlakukan.

Namun, meskipun ada pembekuan, pejabat AS mengatakan kepada WSJ bahwa peninjauan penjualan itu tidak biasa, dan meskipun ada jeda, banyak transaksi kemungkinan akan dilanjutkan.

Saat kampanye, Biden berjanji untuk mengakhiri dukungan AS untuk perang yang dipimpin Saudi di Yaman, dan memastikan senjata Amerika tidak digunakan untuk memicu konflik.



"Presiden terpilih telah menjelaskan bahwa kami akan mengakhiri dukungan kami untuk kampanye militer yang dipimpin oleh Arab Saudi di Yaman, dan saya pikir kami akan mengerjakannya dalam waktu yang sangat singkat," kata Blinken pekan lalu selama sidang konfirmasi di Senat AS.

Kelompok hak asasi manusia telah mengkritik keras kesepakatan senjata dengan negara-negara Teluk. Mereka mengatakan bahwa senjata-senjata itu digunakan dalam perang di Yaman, negara yang menghadapi apa yang digambarkan oleh PBB sebagai krisis kemanusiaan terburuk di dunia.

CEO Raytheon Greg Hayes mengatakan kepada investor pada hari Selasa bahwa dia mengharapkan Biden untuk memblokir setidaknya satu dari kesepakatan senjata pabrikan senjata baru-baru ini dengan Riyadh.

"Kami berasumsi bahwa kami akan mendapatkan lisensi untuk menyediakan sistem senjata ofensif ini kepada pelanggan kami," situs berita Defense One mengutipnya.



"Dengan perubahan administrasi, kecil kemungkinan kami bisa mendapatkan lisensi untuk ini. Jadi kami dengan tepat memutuskan bahwa kami tidak dapat lagi mendukung pemesanan kontrak itu," sambungnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1243 seconds (0.1#10.140)