Israel Masih Tak Rela AS Jual Jet Tempur Siluman F-35 ke UEA

Kamis, 31 Desember 2020 - 10:34 WIB
loading...
Israel Masih Tak Rela AS Jual Jet Tempur Siluman F-35 ke UEA
Pesawat jet tempur siluman F-35 Israel. Foto/IDF/Times of Israel
A A A
TEL AVIV - Militer Israel mengakui masih ada ketidakrelaan di internalnya atas rencana penjualan jet tempur siluman F-35 oleh Amerika Serikat (AS) kepada Uni Emirat Arab (UEA) .

Washington akan menjual pesawat tempur canggih itu setelah Abu Dhabi melakukan normalisasi hubungan dengan negara Yahudi tersebut. (Baca: Massa di Pakistan Mengamuk dan Bakar Kuil Hindu Berumur Seabad )

Ketidakrelaan militer Zionis itu diungkap Kepala Angkatan Udara Israel Amikam Norkin pada hari Rabu.

"Kurang bagus ada pesawat canggih di wilayah itu. Ini bukan ancaman langsung bagi kami, tetapi ini adalah tren yang akan memengaruhi kami," kata Norkin, yang berbicara di sebuah acara di Weizmann Institute di Rehovot, seperti dilansir Times of Israel, Kamis (31/12/2020).

Tak lama setelah pengumuman keputusan Abu Dhabi untuk menormalisasi hubungan dengan Israel, muncul laporan bahwa sehubungan dengan perjanjian tersebut, Amerika Serikat—yang menjadi perantara kesepakatan—telah setuju untuk menjual jet tempur generasi kelima ke UEA, setelah bertahun-tahun menolak permintaan untuk melakukannya.

Washington selama ini menolak menjual senjata canggih ke negara-negara Arab karena kekhawatiran bahwa penjualan semacam itu akan berdampak negatif pada keunggulan militer kualitatif Israel di wilayah tersebut, yang secara hukum terikat untuk dipertahankan oleh Amerika.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu membantah penjualan tersebut sebagai ketentuan perjanjian normalisasi, meskipun hal ini telah diperdebatkan oleh beberapa pejabat Emirat dan pejabat senior pertahanan Israel yang menyatakan ketidakpastian atas masalah tersebut. Amerika Serikat mengatakan bahwa ketika kesepakatan F-35 tidak secara resmi menjadi bagian dari apa yang disebut Kesepakatan Abraham, Israel yang menormalisasi hubungan dengan UEA membuka jalan menuju penjualan senjata.

Meskipun Norkin menyatakan keprihatinannya atas penjualan F-35 AS ke UEA dan "kerusakan" yang ditimbulkannya pada keuntungan militer Israel, Dia memuji perjanjian normalisasi sebagai anugerah bagi keamanan regional. (Baca juga: Meski Dilarang AS, Perusahaan Turki Terus Produksi Suku Cadang F-35 )

“Ada peluang luar biasa, peluang strategis dalam perjanjian ini dengan negara-negara Teluk. Kami tidak jauh dari melihat latihan gabungan dengan Angkatan Udara Teluk. Setahun yang lalu kami terbang dalam latihan di Yunani dengan Angkatan Udara Emirat. Ini akan memperkuat stabilitas kawasan," ujarnya.

Norkin memuji deklarasi bersama yang ditandatangani antara Menteri Pertahanan Benny Gantz dan mantan Menteri Pertahanan AS Mark Esper kala itu untuk memastikan keuntungan militer Israel di wilayah tersebut. Rincian perjanjian belum dipublikasikan, meskipun Gantz mengatakan bahwa itu memastikan superioritas militer Israel selama beberapa dekade.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1711 seconds (0.1#10.140)