Situasi Gedung Capitol Chaos, Trump Didesak Tutup Mulut

Kamis, 07 Januari 2021 - 03:43 WIB
loading...
Situasi Gedung Capitol Chaos, Trump Didesak Tutup Mulut
Pasukan keamanan berdatangan ke Gedung Capitol setelah massa pendukung Presiden Amerika Serikat Donald Trump marah dan menyerbu gedung parlemen tersebut, Rabu (6/1/2021). Foto/REUTERS/Kevin Dietsch
A A A
WASHINGTON - Situasi di Gedung Capitol chaos atau kacau setelah massa pendukung Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump marah dan menyerbu gedung tersebut, Rabu waktu Washington atau Kamis (7/1/2021) WIB. Amuk massa terjadi setelah Kongres menghitung suara elektoral pemilihan presiden ( pilpres ) Amerika.

Lantaran situasi yang kacau, Gedung Capitol di-lockdown dan Kongres berhenti menghitung suara elektoral. (Baca: Massa Pendukung Trump Serbu Gedung Capitol, Situasi Chaos )

Mantan kepala polisi Washington D.C., Charles Ramsey, menyalahkan Presiden Trump atas situasi kacau tersebut. Dia mendesak Trump tutup mulut dan menyingkir.

"Pria itu seperti kanker," kata Ramsey kepada CNN, merujuk pada Trump.

"Pada suatu saat, jika dia tidak akan melakukan hal yang benar dan menyuruh mereka keluar dari Capitol, dan bertingkah seakan-akan mereka punya akal sehat, maka diam saja," ujarnya.

"Dia menghasut mereka. Dia membuat semua ini berjalan. Ini hampir seperti upaya kudeta seperti yang pernah dilihat negara ini. Itulah yang Anda lihat pada orang-orang. Itulah yang Anda lihat. Dan itu pasti konyol," paparnya.

Situasi chaos terjadi tidak lama setelah rapat gabungan Kongres digelar untuk mengonfirmasi kemenangan Joe Biden dalam pilpres AS 3 November lalu. Rapat itu menyulut kemarahan massa pendukung Trump dengan melanggar barikade dan bentrok dengan polisi di tangga Gedung Capitol. (Baca juga: Wapres Pence Membangkang pada Trump, Tolak Ubah Hasil Pilpres AS )

Beberapa kantor di gedung parlemen itu dievakuasi, dan kemudian lockdown penuh diberlakukan saat pengunjuk rasa berhasil masuk.

"Karena ancaman keamanan eksternal yang terletak di West Front, tidak ada masuk atau keluar yang diizinkan saat ini," kata Kepolisian Capitol dalam sebuah pernyataan.

“Anda dapat bergerak di seluruh gedung tetapi menjauh dari jendela dan pintu eksterior. Jika Anda berada di luar, carilah perlindungan," lanjut pernyataan tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1847 seconds (0.1#10.140)