Strategi Trump dan Republik Dinilai Bisa Merusak Demokrasi AS

Rabu, 06 Januari 2021 - 07:07 WIB
loading...
A A A
Sebelumnya Trump dan Partai Republik juga berusaha menghalangi sertifikasi pemilu oleh Kongres pada Rabu (hari ini waktu setempat). Itu dilakukan setelah sejumlah hakim di negara bagian dan hakim agung menggagalkan gugatan tudingan kecurangan pemilu. “Logika yang ditawarkan Trump tidak menunjukkan bahwa dia menawarkan bukti yang kredibel mengenai pemilu curang. Ketika Republik kalah dan menyatakan Demokrat melakukan kecurangan, bagaimana kebenarannya?” ungkap Stephen Collinson, analis politik CNN.

Apa yang dilakukan Trump dengan agenda populisme sebenarnya merusak sistem demokrasi. Seperti diungkapkan pakar politik Universitas Stanford, AS menghadapi krisis karena sistem demokrasi yang terancam. “Pemerintah kita melakukan pekerjaan yang tidak efektif dalam mengatasi masalah karena meningkatnya kemarahan populisme,” katanya.

Bertarung di Georgia

Pemilu senat di negara bagian Georgia memang menjadi penentu apakah presiden terpilih Joe Biden akan mengontrol senat atau tidak. Jika Partai Demokrat bisa memenangkan pemilu senat di Georgia dengan menambah dua kursi, Biden bisa mengontrol Kongres baik Senat maupun DPR. Maka, agenda progresif Biden bisa didukung penuh parlemen.

Langkah Biden itu berusaha dijegal oleh Trump yang mengatakan bahwa pemilu Georgia sebagai kesempatan terakhir untuk menyelamatkan AS. Pada pemilu senat yang digelar November lalu, tidak ada kandidat senat Kelly Loeffler dan David Perdue dari Partai Republik, serta Reverend Raphael Warnock dan Jon Ossoff dari Demokrat, berhasil meraih suara lebih dari 50% sehingga digelar putaran kedua.

Hasil pemilu senat di Georgia akan menentukan keseimbangan kekuasaan di Capitol Hill. Saat ini, Partai Republik menguasai 52 dari 100 kursi senat. Jika Demokrat berhasil memenangkan pemilu senat di Georgia, maka kekuatan akan menjadi seimbang.

Senat sangat berperan menyelamatkan agenda ambisius Biden seperti perawatan kesehatan dan regulasi lingkungan yang sangat ditentang oleh Republik. Senat juga memiliki kekuasaan untuk menyetujui dan menolak kandidat menteri yang diajukan Biden.

Demokrat sangat berharap bisa mendapatkan dukungan luas. Apalagi, lebih dari tiga juta warga Georgia telah memberikan suara lebih dini atau sekitar 40% dari pemilih terdaftar. Pemilu lebih awal memang lebih menguntungkan bagi Joe Biden pada pemilu presiden lalu. Demokrat mengandalkan dukungan kuat di wilayah perkotaan, khususnya wilayah pinggiran Atlanta.

(Baca juga: Joe Biden: AS Butuh Koalisi untuk Hadapi China )

Partai Republik menjadi kubu yang berharap cemas. Mereka mengandalkan dukungan di basisnya di Georgia utara dan wilayah perdesaan serta kota kecil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1804 seconds (0.1#10.140)