Pejabat Tinggi AS: Virus Corona Bocor dari Lab Wuhan Teori Kredibel

Senin, 04 Januari 2021 - 13:03 WIB
loading...
A A A
"Saya dituntun untuk percaya bahwa inilah cara mereka memperkuat posisi mereka tentang asal mula wabah ini."

Sudah lama ada teori bahwa virus corona secara tidak sengaja bocor dari Institut Virologi Wuhan, sesuatu yang telah beberapa kali diklaim oleh Presiden AS Donald Trump.

Wuhan adalah rumah bagi fasilitas penelitian virus corona terkemuka di dunia. Itu juga kota pertama yang dilanda wabah pandemi. Itu telah memicu kecurigaan bahwa kedua hal itu terkait.

Penelitian ilmiah telah banyak menunjukkan bahwa virus corona awalnya berasal dari hewan.

Pada Mei tahun lalu, Trump mengklaim wabah virus corona adalah hasil dari "kesalahan mengerikan" di China setelah mengklaim dia melihat bukti virus itu berasal dari laboratorium Wuhan.

Presiden Trump menambahkan rezim komunis China kemudian mencoba menutupi kesalahan COVID-19 mereka, tetapi "tidak bisa memadamkan api".

Pada bulan Desember, seorang jurnalis warga di China yang dengan berani mengungkap bahwa Beijing menutupi wabah virus corona mematikan Wuhan dipenjara selama empat tahun karena "membuat masalah".

Zhang Zhan, 37, dipenjara selama empat tahun pada bulan lalu oleh pengadilan di Shanghai karena laporan langsungnya dari Wuhan ketika wabah COVID-19 menyebar.

Menurut tim hukumnya, Zhang Zhan dinyatakan bersalah karena "memicu pertengkaran dan memprovokasi masalah" setelah sidang singkat di Shanghai.

Pengadilan Rakyat Pudong Baru mengklaim Zhang Zahan menyebarkan informasi palsu, memberikan wawancara kepada media asing, mengganggu ketertiban umum dan dengan jahat memanipulasi pandemi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1078 seconds (0.1#10.140)