WHO Setuju Penggunaan Darurat Vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech

Jum'at, 01 Januari 2021 - 16:57 WIB
loading...
WHO Setuju Penggunaan Darurat Vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech
WHO setuju penggunaan darurat vaksin COVID-19 Pfizer-BionTech. Foto/NDTV
A A A
JENEWA - Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO ) telah memberikan validasi darurat untuk vaksin COVID-19 buatan Pfizer-BioNTech. WHO mengumumkan hal itu dalam sebuah pernyataan.

Keputusan tersebut harus memungkinkan negara-negara untuk segera menyetujui impor dan distribusi vaksin. Vaksin Pfizer-BioNTech adalah yang pertama menerima persetujuan tersebut dari badan global.

Dalam pernyataannya, badan PBB itu mengatakan vaksin Pfizer memenuhi kriteria yang harus dimiliki untuk keamanan dan kemanjuran yang ditetapkan oleh WHO dan manfaatnya mengimbangi potensi risiko.



Organisasi itu juga mengatakan sedang bekerja untuk mendukung negara-negara dalam menilai rencana pengiriman vaksin dan mempersiapkan penggunaannya jika memungkinkan.

"Ini adalah langkah yang sangat positif untuk memastikan akses global ke vaksin COVID-19. Tetapi saya ingin menekankan perlunya upaya global yang lebih besar untuk mencapai pasokan vaksin yang cukup untuk memenuhi kebutuhan populasi prioritas di mana pun," kata Asisten Direktur Jenderal WHO untuk akses ke obat-obatan dan produk kesehatan, Dr. Mariangela Simao, dalam sebuah pernyataan.

"WHO dan mitra kami bekerja siang dan malam untuk mengevaluasi vaksin lain yang telah mencapai standar keamanan dan kemanjuran. Kami mendorong lebih banyak lagi pengembang untuk maju guna meninjau dan menilai. Sangat penting bagi kami untuk mengamankan pasokan penting yang diperlukan untuk melayani semua negara di sekitarnya. dunia dan membendung pandemi," imbuhnya seperti dikutip dari Deutsche Welle, Jumat (1/1/2021).(Baca juga: WHO Peringatkan Akan Ada Pandemi COVID-19 yang Lebih Parah )

Sebelumnya, Uni Eropa telah mengeluarkan izin penggunaan produk Pzifer-BioNTech, memungkinkan negara anggotanya untuk memulai kampanye vaksinasi massal. Amerika Serikat (AS), Inggris, Israel, Arab Saudi dan beberapa negara lain juga telah memberikan lampu hijau.

Namun, banyak negara dengan sistem perawatan kesehatan yang lebih lemah bergantung pada WHO untuk mendapatkan vaksin.

WHO terlibat dalam upaya global untuk mengamankan dan mendistribusikan vaksin ke negara-negara miskin. Inisiatif, yang dijuluki COVAX, bertujuan untuk memberikan yang pertama dari hampir 2 miliar dosis pada awal 2021.(Baca juga: Ahli: Sudah 'Dikunci' Negara Besar, Negara Miskin Sulit Dapatkan Vaksin Covid-19 )
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1534 seconds (0.1#10.140)