Kim Jong-un Gelar Kongres, Pesawat Mata-mata AS Terbang Dekat Korut

Rabu, 30 Desember 2020 - 23:40 WIB
loading...
A A A
Korut telah mempertahankan moratorium uji coba nuklir dan ICBM sejak 2017, di tengah penundaan yang mengejutkan dengan pemerintahan Presiden Donald Trump.(Baca juga: Korsel Larang Selebaran Anti-Korut, Pembelot Tak Mau Setop Aksinya )

The Asan Institute for Policy Studies mengatakan dalam sebuah laporan yang diterbitkan minggu ini bahwa Kim Jong-un akan mempertimbangkan memainkan kartu peluncuran ICBM dalam langkah putus asa untuk memecahkan kebuntuan dengan sanksi AS dan pembicaraan bantuan denuklirisasi telah terhenti di bawah Trump.

"Pembentukan jajaran kebijakan luar negerinya dan pendekatan kebijakan dasar Biden menunjukkan bahwa jelas bahwa pemerintah akan mengubah 180 derajat ke metode bottom-up berdasarkan pertemuan tingkat kerja, sebagai lawan dari metode top-down," bunyi laporan Asan Institute.

Biden telah mengisyaratkan dia akan mengambil sikap yang lebih keras terhadap Korut daripada Trump. Pemerintahannya kemungkinan akan fokus pada pembicaraan tingkat yang lebih rendah daripada pertemuan para pemimpin yang menjadi ciri utama pendekatan Trump ke Korut.(Baca juga: AS Berharap Kim Jong-un Tepati Komitmen Lakukan Denuklirisasi Korut )

Biden adalah bagian dari tim Presiden Barack Obama yang mengejar "kesabaran strategis" dengan Korut, menunggu dan berharap bahwa sanksi akan memaksa Pyongyang untuk mengakhiri program nuklirnya. Namun semua itu sia-sia dan Obama banyak dikritik karena strategi ini karena kegagalannya.

Biden akan berkuasa setelah mencap Kim sebagai "preman" dan memberi tahu para konstituennya bahwa hari-hari bersantai dengan diktator sudah berakhir.

Sementara itu, Pyongyang telah lama menyatakan penghinaannya terhadap Biden. Tahun lalu, rezim Pyongyang menyebut kandidat presiden Partai Demokrat itu sebagai "anjing gila" yang perlu "dipukuli sampai mati dengan tongkat."
(ber)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0841 seconds (0.1#10.140)