AS Sahkan Penggunaan Vaksin COVID-19 Moderna

Sabtu, 19 Desember 2020 - 09:37 WIB
loading...
AS Sahkan Penggunaan Vaksin COVID-19 Moderna
FDA AS mengesahkan penggunaan darurat Vaksin COVID-19 Moderna. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
WASHINGTON - Kabar baik datang bagi penanganan pandemi virus Corona di Amerika Serikat (AS) . Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) AS akhirnya mengesahkan penggunaan darurat vaksin COVID-19 Moderna . Ini menjadikan vaksin virus Corona Moderna Inc menjadi yang kedua menerima otorisasi penggunaan darurat.

FDA mengumumkan otorisasi sehari setelah panel ahli dari luar badan tersebut mendukung penggunaannya dan seminggu setelah FDA mengesahkan vaksin dari Pfizer Inc dan mitra Jermannya BioNTech SE.

Vaksin Pfizer-BioNTech , yang didasarkan pada teknologi serupa, telah disuntikkan ke ribuan petugas kesehatan AS minggu ini dalam peluncuran besar-besaran di seluruh negeri. Sedangkan penyuntikan Moderna diharapkan akan dimulai dalam beberapa hari mendatang.



“Dengan ketersediaan dua vaksin sekarang untuk pencegahan COVID-19 , FDA telah mengambil langkah penting lainnya dalam memerangi pandemi global yang menyebabkan banyak sekali rawat inap dan kematian di Amerika Serikat setiap hari,” kata Komisaris FDA Stephen M. Hahn, dalam keterangannya seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (19/12/2020).

Moderna mengatakan pihaknya bermaksud untuk mengajukan lisensi penuh AS pada tahun 2021.(Baca juga: Pfizer-BioNTech, Moderna dan Sinovac: Sekilas Tentang Tiga Vaksin Utama COVID-19 )

Keputusan FDA menandai otorisasi pengaturan pertama di dunia untuk vaksin Moderna dan validasi teknologi messenger RNA-nya. Itu terjadi kurang dari setahun setelah kasus COVID-19 pertama diidentifikasi di AS.

Perusahaan bioteknologi ini telah bekerja dengan pemerintah AS untuk mempersiapkan distribusi 5,9 juta vaksin paling cepat akhir pekan ini.

Keputusan FDA didasarkan pada hasil studi tahap akhir terhadap 30.000 sukarelawan yang menemukan bahwa vaksin tersebut hampir 95% efektif dalam mencegah penyakit akibat COVID-19 tanpa masalah keamanan yang serius.

“Otorisasi vaksin Moderna berarti kami dapat mempercepat vaksinasi petugas kesehatan garis depan dan orang Amerika di fasilitas perawatan jangka panjang, dan, pada akhirnya, mengakhiri pandemi ini lebih cepat,” kata Menteri Kesehatan AS Alex Azar dalam sebuah pernyataan, mencatat kemitraan ilmuwan National Institutes of Health dengan Moderna dalam vaksin.(Baca juga: Penasihat FDA Rekomendasikan Vaksin COVID-19 Moderna )
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1037 seconds (0.1#10.140)