Wapres AS Mike Pence Disuntik Vaksin COVID-19 Live di TV

Jum'at, 18 Desember 2020 - 22:39 WIB
loading...
A A A
"Dia akan menerima vaksin segera setelah tim medisnya menentukan yang terbaik. Tapi prioritasnya adalah pekerja garis depan, mereka yang berada di fasilitas perawatan jangka panjang," kata Juru Bicara Gedung Putih Kayleigh McEnany. (Baca juga: Putri Soleimani: Donald Trump Monster, Bukan Ayah Saya )

Presiden terpilih AS, Joe Biden, 78, telah mengumumkan rencana untuk disuntik vaksin di depan umum segera, sedangkan Ketua DPR Nancy Pelosi dan Pemimpin Mayoritas Senat Mitch McConnell keduanya mengatakan pada hari Kamis bahwa mereka akan mendapatkan vaksinasi dalam beberapa hari mendatang.

Kematian di AS akibat COVID-19 mencapai 3.000 untuk hari ketiga berturut-turut, dengan jumlah rekor 239.903 kasus infeksi baru pada hari Kamis.

Pakar kesehatan telah memperingatkan krisis yang semakin dalam musim dingin ini ketika unit perawatan intensif (ICU) terisi dan tempat tidur rumah sakit tumpah ke lorong. Menurut penghitungan Reuters, rawat inap di AS telah menetapkan rekor baru dalam 20 hari terakhir, mendekati 114.000 pada Kamis.

"Kami memperkirakan akan ada lebih banyak mayat daripada yang kami punyai ruang untuk mereka," kata Wali Kota Los Angeles Eric Garcetti dalam jumpa pers pada Kamis. Dia mengatakan kota terbesar kedua di negara itu telah sepenuhnya kehabisan kapasitas ICU.

Untuk membantu memperlambat pandemi, FDA telah berjanji untuk bekerja cepat dalam memberikan persetujuan darurat untuk kandidat vaksin COVID-19 Moderna Inc, seminggu setelah otorisasi vaksin pertama dari Pfizer Inc dan mitra dari Jerman; BioNTech SE.

Kedua vaksin tersebut membutuhkan dua dosis, diberikan selang tiga atau empat minggu, untuk setiap orang yang diinokulasi.

Otoritas kesehatan telah berusaha meyakinkan orang Amerika bahwa uji klinis skala besar dan tinjauan ilmiah menemukan bahwa vaksin itu aman dan efektif.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1602 seconds (0.1#10.140)