Penasihat FDA Rekomendasikan Vaksin COVID-19 Moderna

Jum'at, 18 Desember 2020 - 10:23 WIB
loading...
A A A
Ada juga diskusi tentang apakah orang yang baru saja menjalani kosmetik filler berisiko lebih besar mengalami pembengkakan wajah sementara setelah penyuntikan.

Tiga orang dalam uji klinis Moderna yang mengalami pembengkakan di wajah juga memiliki filler, baik di pipi atau bibir. Prosedur tersebut telah diselesaikan antara dua minggu dan enam bulan sebelum vaksinasi.

Efek samping lain yang lebih ringan memang dilaporkan di antara mereka yang menerima vaksin Moderna, terutama setelah dosis kedua.

Yang paling umum adalah nyeri, bengkak, kemerahan dan nyeri di area suntikan. Sakit kepala, kelelahan, kelemahan, menggigil, mual dan nyeri sendi juga dilaporkan. Bell's palsy, kelumpuhan wajah, dilaporkan terjadi pada empat peserta penelitian. Tiga di antara kelompok vaksin, dan satu menerima plasebo.(Baca juga: Viral! Video Pekerja Medis Menari Rayakan Kedatangan Vaksin Covid )

Komite penasihat juga membahas dampak potensial dari pemberian vaksin nyata kepada peserta studi yang mendapatkan plasebo sehingga mereka juga dapat memperoleh manfaat.

Ada pro dan kontra untuk keputusan seperti itu. Data ilmiah dengan kualitas terbaik bergantung pada analisis perbedaan antara mereka yang mendapat plasebo dan mereka yang mendapat vaksin aktual atau pengobatan lain.

Tetapi banyak ahli etika percaya bahwa sukarelawan plasebo berhak mendapatkan perlindungan seperti itu.

Baik Pfizer dan Moderna telah mengindikasikan bahwa mereka akan menawarkan vaksin yang sebenarnya kepada penerima plasebo.
(ber)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1440 seconds (0.1#10.140)