Penasihat FDA Rekomendasikan Vaksin COVID-19 Moderna

Jum'at, 18 Desember 2020 - 10:23 WIB
loading...
Penasihat FDA Rekomendasikan Vaksin COVID-19 Moderna
Penasihat FDA rekomendasikan vaksin COVID-19 Moderna. Foto/NDTV
A A A
WASHINGTON - Panel penasihat independen untuk Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat (AS) sangat merekomendasikan agar badan tersebut mengizinkan vaksin COVID-19 Moderna untuk penggunaan darurat. Keputusan ini membawa AS selangkah lebih dekat untuk menambahkan vaksin kedua ke perangkatnya dalam memerangi pandemi.

Anggota Komite Penasihat Vaksin dan Produk Terkait Biologi memberikan suara 20 banding 0 untuk merekomendasikan otorisasi, dengan satu suara abstain.

FDA diharapkan menyetujui rekomendasi komite, dan otorisasi penggunaan darurat pada Kamis malam atau Jumat waktu setempat.



Penjabat ketua kelompok penasihat, Dr. Arnold Monto dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Michigan, menyebut pekerjaan Moderna sebagai "pencapaian luar biasa".

"Berdasarkan totalitas bukti ilmiah yang tersedia, saya sangat mendukungnya karena manfaatnya lebih besar daripada risikonya," kata Dr. Melinda Wharton, direktur Divisi Layanan Imunisasi di Pusat Nasional untuk Penyakit Imunisasi dan Pernafasan di Pusat Pengendalian dan Pengendalian Pencegahan Penyakit seperti dikutip dari NBC News, Jumat (18/12/2020).

Dr. Michael Kurilla, seorang ahli penyakit menular dari National Institutes of Health, adalah satu-satunya anggota yang abstain dalam pemungutan suara itu. Dia mengatakan dia merasakan pertanyaan yang dipilih oleh panitia, "Berdasarkan totalitas bukti ilmiah yang tersedia, apakah manfaat vaksin Moderna COVID-19 lebih besar daripada risikonya untuk digunakan pada individu berusia 18 tahun ke atas?" terlalu luas.

"Saya tidak yakin bahwa untuk semua kelompok usia tersebut, manfaatnya sebenarnya lebih besar daripada risikonya," ucap Kurilla.

"Dan saya lebih suka melihatnya lebih ditargetkan pada orang-orang dengan risiko tinggi penyakit Covid yang serius dan mengancam nyawa," imbuhnya.(Baca juga: Minggu Depan, Joe Biden Akan Divaksin Virus Corona )

Pada MSNBC, Dr. Nahid Bhadelia, pakar penyakit menular di Fakultas Kedokteran Universitas Boston, menyebutnya sebagai "hari bersejarah", dan mengatakan bahwa dugaan penambahan dua vaksin lain dalam uji klinis Fase 3, dari AstraZeneca dan Johnson & Johnson, akan memastikan bahwa lebih banyak orang Amerika akan mendapatkan suntikan di tangan mereka. Hasil dari uji coba tersebut diharapkan keluar pada awal 2021.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1740 seconds (0.1#10.140)