Januari, WHO Kirim Tim Investigasi ke Wuhan Lacak Asal-usul Covid-19

Kamis, 17 Desember 2020 - 13:16 WIB
loading...
Januari, WHO Kirim Tim Investigasi ke Wuhan Lacak Asal-usul Covid-19
WHO akan mengirim tim investigasi ke Wuhan, China, untuk melacak asal usul Covid-19 awal tahun depan. Foto/Ilustrasi
A A A
JENEWA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akan mengirim tim investigasi ke Wuhan , China , untuk menyelidiki asal usul SARS-CoV-2, virus yang menyebabkannya pandemi Covid-19 awal tahun depan. Hal itu diungkapkan anggota dan diplomat dari beberapa negara.

Tim yang terdiri dari 12-15 ahli internasional tengah bersiap untuk pergi ke Wuhan guna memeriksa bukti, termasuk sampel manusia dan hewan yang dikumpulkan oleh para peneliti China, serta membangun studi awal mereka.

(Baca juga : Liverpool dan Barca Menang 2-1, Napoli Kalah di Kandang Inter )

Seorang anggota asal Denmark, Thea Fischer, mengatakan tim akan pergi tepat setelah Tahun Baru untuk misi selama enam minggu, termasuk dua minggu karantina pada saat kedatangan.

(Baca juga : Oscar De La Hoya Comeback Bertarung di Usia 47, GGG: Aku Bisa Membunuhnya! )



“Fase 1 seharusnya sudah selesai sekarang, sesuai dengan kerangka acuan, dan kami akan mendapatkan beberapa hasil. Jika itu yang kita dapatkan saat kita datang ke China itu akan luar biasa. Maka kami sudah berada di fase 2,” terangnya seperti dikutip dari Reuters, Kamis (17/12/2020).

Sedangkan seorang ahli di Organisasi Dunia untuk Kesehatan Hewan (OIE) yang akan ambil bagian, Keith Hamilton, mengatakan: "Saya mengantisipasi misi akan berlangsung segera."

Hamilton mengatakan virus serupa tetapi tidak identik diidentifikasi pada kelelawar tapal kuda. Hal itu menunjukkan bahwa virus tersebut ditularkan terlebih dahulu ke hewan, atau inang perantara, sebelum menginfeksi manusia.

“Saat kami melakukan pengawasan hewan, itu sulit, seperti mencari jarum di tumpukan jerami,” jelasnya.(Baca juga: Kamboja Tidak Izinkan Warganya jadi Relawan Vaksin Covid-19 )
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1510 seconds (0.1#10.140)