Iran Ancam Serang Haifa, AS Dukung Israel Membela Diri

Rabu, 02 Desember 2020 - 00:59 WIB
loading...
A A A
Seorang mantan kepala IRGC mengatakan pada saat itu bahwa "balas dendam terhadap Amerika" akan mencakup penargetan Haifa dan pusat militer Israel.

Meskipun Haifa mungkin kota terbesar ketiga di Israel, di mata rezim Iran, kota itu adalah target utama karena signifikansi ekonominya dan kedekatannya dengan Lebanon, yang merupakan rumah bagi perwakilan Iran Hizbullah, kata para ahli.(Baca juga: Ini Alasan Mengapa Iran Selalu Ancam Serang Haifa Israel )

"Teheran percaya Haifa adalah pusat bisnis paling kritis di Israel," menurut Saeed Ghasseminejad, penasihat senior Iran di lembaga think tank Washington Foundation for Defense of Democracies (FDD).

Haifa, yang terletak di utara Israel, lebih dekat ke Lebanon dan oleh karena itu dipandang lebih rentan oleh serangan Iran dan Hizbullah daripada kota-kota besar di Israel tengah atau selatan, menurut mantan Kolonel Pasukan Pertahanan Israel, Miri Eisin.

Kedekatan Haifa dengan Lebanon membuat lebih praktis bagi Iran atau Hizbullah untuk melakukan serangan rudal terhadapnya, Menurut Ghasseminejad.

"Kami tahu ketika jarak dari target meningkat, rudal buatan Iran menjadi kurang dapat diandalkan," kata Ghasseminejad dalam wawancara dengan Al Arabiya.
(ber)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1522 seconds (0.1#10.140)