Pemberontak Tigray: Perang Ethiopia Masih Belum Usai

Senin, 30 November 2020 - 21:04 WIB
loading...
Pemberontak Tigray: Perang Ethiopia Masih Belum Usai
Pemimpin TPLF, Debretsion Gebremichae mengatakan bahwa mereka masih bertempur di dekat kawasan Mekelle, yang merupakan Ibu Kota Tigray. Foto/REUTERS
A A A
ADDIS ABABA - Pasukan pemberontak di Ethiopia utara mengatakan bahwa mereka masih bertempur di dekat kawasan Mekelle, yang merupakan Ibu Kota Tigray. Pertempuran masih berlanjut, meski pasukan pemerintah Ethiopia telah berhasil merebut kota itu pada akhir pekan.

Pemerintah Perdana Menteri Abiy Ahmed melancarkan serangan pada 4 November terhadap Front Pembebasan Rakyat Tigray (TPLF). Ia menuduh gerakan bekas gerilyawan, yang mendominasi pemerintah nasional selama hampir tiga dekade hingga 2018, melakukan pemberontakan.

Perang itu telah menewaskan ratusan dan mungkin ribuan jiwa, mengirim pengungsi ke Sudan, menjebak Eritrea, menghalangi misi penjaga perdamaian PBB di Somalia dan meningkatkan friksi antara berbagai kelompok etnis Ethiopia. ( )

"Pemerintah Federal sebagai prioritas sibuk mengatur sebuah negara dan membawa stabilitas bagi mereka yang terkena dampak. Melacak dan menanggapi banyak delusi dari klik kriminal yang hancur yang menjadi tidak relevan bukanlah fokus kami," ujarnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1655 seconds (0.1#10.140)