Hampir Satu Juta Warga China Disuntik Vaksin Covid-19 Eksperimen

Sabtu, 21 November 2020 - 14:37 WIB
loading...
A A A
Beijing telah memberikan persetujuan kepada perusahaan untuk vaksinasi mendesak menggunakan obat eksperimental selama berbulan-bulan. Pada bulan Juni, perusahaan China CanSino Biologics mengumumkan telah diberikan otorisasi khusus untuk memberikan vaksin eksperimentalnya kepada tentara China.

Sejak Juli, pembuat obat China telah memberikan vaksin eksperimental kepada orang-orang yang bekerja dalam profesi "berisiko tinggi" di bawah program penggunaan darurat, yang memungkinkan kandidat vaksin untuk digunakan dalam skala terbatas sebelum keamanan dan kemanjurannya sepenuhnya dibuktikan oleh uji klinis.(Baca juga: Suntik Warga dengan Vaksin Eksperimen, China Klaim Dapat Dukungan WHO )

Vaksin eksperimen virus Corona bahkan dilaporkan telah ditawarkan kepada publik di beberapa bagian China, menyebabkan beberapa warga bergegas ke seluruh negeri untuk mendapatkan dosis.

Itu terjadi setelah Pfizer mengumumkan hasil uji coba vaksin virus Corona Tahap 3 mereka pada hari Rabu lalu 95% efektif dalam mencegah infeksi - bahkan pada orang dewasa yang lebih tua - dan tidak menyebabkan masalah keamanan yang serius. Sehari sebelumnya, Moderna mengumumkan bahwa vaksin virus korona mereka 94,5% efektif.

Pfizer diperkirakan akan meminta izin penggunaan darurat Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (AS) untuk vaksinnya hari Jumat waktu setempat.(Baca juga: Pfizer Menyelesaikan Tes Vaksin COVID-19 dengan Hasil Kemanjuran 95% )

Anthony Fauci, pakar penyakit menular terkemuka di AS, mengatakan vaksin Pfizer dan Moderna telah menunjukkan kemanjuran yang luar biasa.

"Itu luar biasa," kata Fauci. "Itu hampir sama dengan apa yang kita lihat dengan (vaksin) campak, yang 98% efektif," imbuhnya.
(ber)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1050 seconds (0.1#10.140)