Kabar Gembira! Vaksin Covid-19 Moderna Beri Proteksi Hampir 95%

Selasa, 17 November 2020 - 02:01 WIB
loading...
Kabar Gembira! Vaksin Covid-19 Moderna Beri Proteksi Hampir 95%
Ilmuwan Moderna memiliki teknik inovatif untuk kembangkan vaksin. Foto/Moderna
A A A
WASHINGTON - Data awal perusahaan farmasi Amerika Serikat (AS) Moderna menunjukkan vaksin baru untuk melawan Covid-19 memiliki efektivitas hampir 95%.

Hasil itu menjadi kabar gembira setelah data serupa dari Pfizer. Kabar baik dari dua perusahaan besar itu menambah keyakinan bahwa vaksin dapat membantu mengakhiri pandemi yang telah melumpuhkan perekonomian dunia.

Kedua perusahaan menggunakan pendekatan yang sangat inovatif dan eksperimental untuk merancang vaksin mereka. “Ini adalah hari yang luar biasa,” ungkap pernyataan Moderna, dilansir BBC.



Moderna berencana mengajukan permohonan persetujuan untuk menggunakan vaksin dalam beberapa pekan ke depan. (Baca Juga: Inggris Berharap Bisa Luncurkan Vaksin Covid-19 Pfizer Sebelum Natal)

Meski demikian, ini masih data awal dan pertanyaan kunci masih belum terjawab. Seberapa baik vaksin itu? (Lihat Infografis: Setelah Akui Biden Menang, Trump Mentweet: Saya Menang!)

Uji coba tersebut melibatkan 30.000 orang di AS dengan setengahnya diberi dua dosis vaksin, pada jarak empat pekan. Sisanya mendapat suntikan tiruan. (Lihat Video: Arab Saudi Tutup Kembali Izin Umrah untuk Jamaah Indonesia)

Analisis ini didasarkan pada 95 orang pertama yang mengembangkan gejala Covid-19.

Hanya lima kasus COVID-19 terjadi pada orang yang diberi vaksin, 90 orang yang hanya diberi suntikan tiruan terkena COVID-19. Perusahaan mengatakan vaksin tersebut mampu melindungi 94,5% orang.

Data juga menunjukkan ada 11 kasus COVID-19 parah dalam uji coba, namun tidak ada yang terjadi pada orang yang diimunisasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1218 seconds (0.1#10.140)