Bantu Hadapi Covid-19, AS Kirim Puluhan Ventilator ke Jawa Tengah

loading...
Bantu Hadapi Covid-19, AS Kirim Puluhan Ventilator ke Jawa Tengah
83 ventilator ini merupakan bagian dari 1.000 ventilator yang telah disumbangkan AS kepada Indonesia melalui USAID untuk membantu melawan Covid-19. Foto/USAID
A+ A-
JAKARTA - Duta Besar Amerika Serikat (AS)untuk Indonesia, Sung Y. Kim secara resmi menyerahkan 83 ventilator kepada pemerintah Jawa Tengah. 83 ventilator ini merupakan bagian dari 1.000 ventilator yang telah disumbangkan AS kepada Indonesia melalui Badan Pembangunan Internasional AS (USAID) untuk membantu melawan Covid-19.

"Ini mencerminkan komitmen AS untuk bermitra dengan Indonesia dalam menanggulangi Covid-19," kata Kim, seperti dikutip Sindonews dari siaran pers Kedutaan Besar AS di Jakarta pada Senin (16/11/2020). (Baca juga: Tembus 10 Juta Kasus, Pakar Sebut AS Masuki Periode Terburuk Pandemi Covid-19)

"Ventilator ini akan mendukung rumah sakit di Jawa Tengah dalam merawat pasien yang sakit. Kami bangga dapat bekerja sama dalam pencegahan penyakit, diagnostik, dan pengembangan kapasitas, melalui USAID, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, dunia usaha AS, serta mitra-mitra lainnya,” sambungnya.

Menurut keterangan kedubes AS, ventilator yang didonasikan ini memiliki bentuk yang ringkas dan mudah dipindahkan serta dapat mendukung aplikasi invasif, dan non-invasif, yang memberikan fleksibilitas kepada Indonesia dalam perawatan pasien Covid-19.



Bantuan Pemerintah AS yang diberikan, jelasnya, termasuk kelengkapan, garansi, dan pengiriman. Juga melalui USAID, AS mendanai pelatihan bagi tenaga kesehatan tentang cara menggunakan peralatan serta prosedur operasi standar dan pemeliharaannya sehingga rumah sakit dapat membantu lebih banyak pasien pulih kembali.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menuturkan ventilator ini akan sangat membantu pihaknya dalam perawatan pasien Covid-19. (Baca juga: Lawan COVID-19, 33 Ventilator Didistribusikan ke 17 Rumah Sakit)

“Ventilator ini tentu sangat membantu, alatnya cukup canggih dan nilai utama yang kami dapat adalah hubungan baik antara Indonesia dan AS. Kita berterima kasih kepada Pemerintah AS dan USAID dan berharap kedua negara dapat bekerja sama lebih banyak lagi dalam hal-hal lain," ujarnya.
(esn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top