Pasukan Rusia Lihat Mayat-mayat Tentara Armenia Bergelimpangan di Jalan

Minggu, 15 November 2020 - 06:02 WIB
loading...
Pasukan Rusia Lihat Mayat-mayat Tentara Armenia Bergelimpangan di Jalan
Mayat tentara etnis Armenia bergelimpangan di jalanan Nagorno-Karabakh. Foto/REUTERS
A A A
SHUSHA - Mayat-mayat tentara etnik Armenia bergelimpangan di jalanan di Nagorno-Karabakh saat pasukan penjaga perdamaian Rusia memasuki wilayah itu dengan kendaraan militer.

Konvoi truk dan kendaraan pengangkut tentara Rusia tampak masuk ke wilayah itu setelah kesepakatan damai antara Armenia dan Azerbaijan.

Rusia mengerahkan hampir 2.000 tentara bersama sejumlah tank dan kendaraan lapis baja lainnya untuk mengamankan gencatan senjata yang disepakati pekan ini setelah perang enam pekan di daerah kantong etnis Armenia di Azerbaijan itu.

Skala kehancuran akibat perang itu terlihat jelas pada Jumat di Nagorno-Karabakh. Situasi juga menunjukkan keputusasaan tentara Armenia dalam perang itu. (Baca Juga: Rusia-Turki Akhirnya Sepakat Kerjasama Kontrol Gencatan Senjata Nagorno-Karabakh)

Satu pasukan Rusia, didampingi wartawan Reuters dari perbatasan Armenia, melewati sekitar seratus jasad tentara etnis Armenia yang berserakan di pinggir jalan. (Lihat Infografis: China Akhirnya Beri Ucapan Selamat pada Biden dan Harris)

Satu jasad tentara terbaring sujud di tengah jalan saat konvoi Rusia tersebut mendaki bukit. (Lihat Video: Menang di Georgia, Biden Tutup Pilpres AS Unggul 306 Suara)



Mobil-mobil, pecahan peluru, dan mobil van berserakan di pinggir jalan serta satu tank yang terbakar dan kendaraan militer lainnya yang rusak.

Beberapa mayat tergeletak di dalam mobil ambulans militer yang dipenuhi peluru. Salah satu kaki tentara yang mati itu dibalut perban, orang mati lainnya membawa tourniquet yang tampaknya untuk mengobati temannya.

Beberapa batu nisan di pinggir jalan rusak, dan beberapa kendaraan yang dipenuhi peluru memiliki gambar grafiti, termasuk Swastika. Tidak jelas siapa yang menggambar grafiti.

Di Lachin, lebih dekat ke Armenia, sekelompok pria etnis Armenia mengatakan mereka telah berjuang mempertahankan Nagorno-Karabakh. Mereka mengku tidak senang dengan kesepakatan damai tersebut.

Salah satu dari mereka, Suren Zarakyan, 50, mengatakan dia telah pindah ke wilayah Lachin dari Yerevan, ibu kota Armenia, pada 1990-an setelah orang-orang Armenia mengambil wilayah itu dalam perang pertama di Nagorno-Karabakh.

Dia merasa malu ketika mendengar tentang perjanjian gencatan senjata, yang membekukan perolehan wilayah Azerbaijan dan membuka jalan bagi penempatan pasukan Moskow di daerah tersebut.

"Saya mengharapkan lebih banyak dari Rusia dan lebih cepat," ujar dia. “Tapi Rusia tertarik dengan pangkalan dan tujuannya. Tidak masalah apakah itu di Azerbaijan atau di Armenia. Mereka tertarik untuk tidak membiarkan orang Turki di sini."
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1714 seconds (0.1#10.140)