Lima Peristiwa yang Terjadi Saat Dunia Menyaksikan Pemilu AS

Sabtu, 07 November 2020 - 15:10 WIB
loading...
A A A
4. Presiden Tanzania dilantik di tengah sengket Pemilu

Lima Peristiwa yang Terjadi Saat Dunia Menyaksikan Pemilu AS


Presiden Tanzania John Magufuli dilantik untuk masa jabatan lima tahun kedua pada Kamis lalu meskipun pihak oposisi menyerukan pemilihan ulang, dengan alasan ketidakberesan dan penipuan yang meluas.

Pemungutan suara pada 28 Oktober dirusak oleh penangkapan kandidat dan pengunjuk rasa, pemblokiran media sosial yang meluas dan tuduhan pembatasan pada utusan partai politik untuk mengakses tempat pemungutan suara, beberapa pemungutan suara dan pencoblosan awal surat suara, kata kedutaan AS.

Awal pekan ini, para pemimpin koalisi oposisi menyerukan protes terhadap hasil tersebut, yang mengembalikan Magufuli ke tampuk kekuasaan dengan 84% suara.

Pada hari Senin, polisi Tanzania menangkap Freeman Mbowe, pemimpin partai oposisi utama Chadema, bersama dengan empat pemimpin oposisi lainnya yang menyerukan demonstrasi. Mereka dibebaskan dari tahanan polisi pada hari Selasa.

Pemilu berlangsung serentak baik di Tanzania maupun di negara bagian semi-otonom Zanzibar, di mana calon presiden oposisi, Seif Sharif Hamad, ditangkap bersama dengan para pemimpin lain dari partainya ACT-Wazalendo setelah menyerukan protes.

Di Zanzibar, calon presiden dari partai berkuasa CCM, Hussein Mwinyi, dinyatakan sebagai pemenang setelah memperoleh 76% suara.

"Menahan para pemimpin oposisi bukanlah tindakan pemerintah yang yakin akan kemenangan elektoralnya," kata Duta Besar AS untuk Tanzania Donald Wright.

5. Di Rusia, undang-undang baru dapat memberikan kekebalan seumur hidup kepada mantan presiden
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0908 seconds (0.1#10.140)