Presiden Putin Ingin Wujudkan Tatatan Dunia Baru, Seperti Apa Ambisinya?

Rabu, 09 Oktober 2024 - 21:25 WIB
loading...
Presiden Putin Ingin...
Presiden Rusia Vladimir Putin ingin tatanan dunia baru. Foto/X
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin menggarisbawahi pentingnya advokasi “tatanan dunia yang adil” di antara semua negara anggota Persemakmuran Negara-negara Merdeka (CIS).

“Dalam situasi sulit saat ini di dunia, sangat penting bagi semua negara CIS untuk mengadvokasi pembentukan tatanan dunia yang adil berdasarkan prinsip-prinsip hukum internasional yang diakui secara umum dengan peran sentral PBB,” kata Putin pada pertemuan Dewan Kepala Negara CIS yang diperluas di Moskow.

Mengekspresikan bahwa ia dan rekan-rekannya yang hadir terus mengoordinasikan posisi mereka pada isu-isu global dan regional utama, Putin mengatakan pendekatan mereka terhadap isu-isu ini "secara tradisional dekat atau sepenuhnya bertepatan."

Putin mengatakan masalah-masalah ini, serta isu-isu topikal mengenai kerja sama dalam CIS, dibahas selama pertemuan format sempit sebelumnya. Ia mengatakan keputusan-keputusan penting telah disepakati yang akan menentukan perkembangan CIS baik untuk tahun mendatang maupun untuk masa depan.



"Persemakmuran Negara-negara Merdeka sedang berkembang. Semua pemimpin yang berkumpul di sini mendukung pendalaman lebih lanjut Persemakmuran. Kami melihat bahwa upaya bersama kami secara konsisten memperkuat otoritas CIS sebagai asosiasi integrasi regional," katanya juga.

Selain Putin, pertemuan tersebut dihadiri oleh rekan-rekannya dari Azerbaijan, Belarusia, Kazakh, Kirgistan, Tajikistan, Turkmenistan, dan Uzbekistan, serta perdana menteri Armenia. CIS adalah organisasi regional yang dibentuk setelah pembubaran Uni Soviet pada tahun 1991 oleh mantan anggotanya untuk mendorong kerja sama dalam urusan ekonomi, politik, dan keamanan.

Negara ini beranggotakan sembilan negara – Armenia, Azerbaijan, Belarusia, Kazakhstan, Kirgistan, Moldova, Rusia, Tajikistan, dan Uzbekistan — dan Turkmenistan, yang merupakan anggota asosiasi. Moldova menangguhkan partisipasinya dalam pertemuan CIS pada tahun 2022.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1271 seconds (0.1#10.140)