Trump Pernah Berdiskusi Sebanyak 7 Kali dengan Putin, Apa Saja yang Dibahas?

Rabu, 09 Oktober 2024 - 22:05 WIB
loading...
Trump Pernah Berdiskusi...
Donald Trump ternyata pernah tujuh kali berdiskusi dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Foto/X/@ChuckCjmmn
A A A
WASHINGTON - Mantan Presiden Amerika Serikat dan calon presiden dari Partai Republik saat ini Donald Trump tetap berhubungan secara teratur dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Itu merupakan klaim baru yang belum diverifikasi dan dibuat oleh seorang jurnalis terkenal, Bob Woodward.

Bob Woodward, 81, menuduh Trump melakukan sedikitnya tujuh panggilan telepon kepada pemimpin Rusia tersebut sejak ia meninggalkan Ruang Oval pada Januari 2021.

Salah satu panggilan telepon tersebut terjadi pada awal tahun ini, klaim Woodward dalam buku terbarunya, War. Trump dilaporkan meminta salah satu ajudannya untuk meninggalkan kantornya di perkebunan Mar-a-Lago agar ia dapat berbicara dengan pemimpin Rusia tersebut.

Tim kampanye Trump telah menolak tuduhan tersebut. Steven Cheung, direktur komunikasi mantan presiden tersebut, mengatakan pada hari Selasa bahwa tidak ada satu pun cerita dalam buku Woodward yang benar.

Sebaliknya, katanya, itu adalah "karya seorang pria yang benar-benar gila dan tidak waras yang menderita Sindrom Gangguan Trump yang melemahkan".

Trump, 78, sendiri juga membantah pernyataan tersebut. Berbicara kepada ABC News, Trump mengatakan tentang Woodward: "Dia seorang pendongeng. Seorang yang buruk. Dan dia kehilangan akal sehatnya."

Pada hari Rabu, Kremlin membantah klaim bahwa pemimpin Rusia itu melakukan kontak rutin dengan mantan presiden AS tersebut.

Ketika ditanya oleh kantor berita RBC Rusia apakah Putin dan Trump telah berbicara melalui telepon, juru bicara Dmitry Peskov berkata: "Tidak, itu tidak benar."

Namun, klaim tersebut memberikan goncangan saat AS bersiap untuk pemilihannya pada tanggal 5 November. Bagaimanapun, Woodward terkenal karena laporan investigasi yang membantu menjatuhkan Presiden Richard Nixon pada tahun 1974.

Buku tersebut juga telah memperbarui kekhawatiran bahwa Trump memiliki hubungan yang tidak pantas dengan pemimpin Rusia tersebut.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1233 seconds (0.1#10.140)