Tersangka Serangan Teror Wina Simpatisan ISIS

Selasa, 03 November 2020 - 22:39 WIB
loading...
Tersangka Serangan Teror Wina Simpatisan ISIS
Pemerintah Austria menyebut tersangka pelaku serangan teror sempat ingin bergabung dengan ISIS. Foto/The Times
A A A
WINA - Tersangka serangan teror di Wina , Austria diidentifikasi sebagai seorang pemuda berkewarganegaraan ganda Austria-Makedonia utara. Pelaku sebelumnya menjalani hukuman karena mencoba bergabung dengan kelompok ekstrimis ISIS di Suriah.

Pria berusia 20 tahun dipersenjatai dengan senapan otomatis dan rompi peledak palsu mengamuk di kawasan kehidupan malam Wina beberapa jam sebelum penguncian virus Corona. Ia menembak mati empat orang sebelum dibunuh oleh polisi.(Baca juga: Serangan Teror Wina, 7 Pria Bersenjata Tembak 15 Orang )

Video yang belum diverifikasi menunjukkan pria bersenjata itu, mengenakan baju putih, menembakkan senjata secara acak saat ia berlari di jalan-jalan Ibu Kota Austria.

Dua pria dan dua wanita tewas karena luka-luka mereka dalam serangan itu. Pihak berwenang mengatakan seorang petugas polisi yang mencoba menghalangi penyerang ditembak dan terluka, bersama dengan 21 orang lainnya.

Penyerang, yang diidentifikasi sebagai Kujtim Fejzulai, dijatuhi hukuman 22 bulan penjara pada April 2019 karena dia mencoba melakukan perjalanan ke Suriah untuk bergabung dengan kelompok ISIS. Dia diberikan pembebasan lebih awal pada bulan Desember di bawah hukum remaja.

"Polisi menggeledah 18 properti serta apartemen tersangka, menahan 14 orang yang terkait dengan penyerang yang sedang diinterogasi," kata Menteri Dalam Negeri Karl Nehammer seperti dikutip dari Fox News,Selasa (3/11/2020).



Nehammer mengatakan kepada kantor berita APA bahwa Fejzulai telah memposting foto di akun Instagram-nya sebelum serangan yang menunjukkan dirinya dengan dua senjata yang tampaknya digunakannya.

Pada konferensi pers kemudian, Nehammer mengatakan penyerang itu dipersenjatai dengan rompi peledak palsu, senapan otomatis Kalashnikov, pistol dan parang.

Pihak berwenang Austria melakukan penyelidikan apakah ada penyerang lain. Namun, Nehamer mengatakan, para penyelidik yang bekerja melalui banyak bukti video menemukan tidak ada indikasi pelaku kedua.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1682 seconds (0.1#10.140)