Kapal Angkatan Laut Yunani Tabrakan dengan Kapal Kargo Portugal

Rabu, 28 Oktober 2020 - 07:07 WIB
loading...
Kapal Angkatan Laut Yunani Tabrakan dengan Kapal Kargo Portugal
Kapal penarik menuju lokasi insiden setelah Kapal Angkatan Laut Yunani Kallisto dan kapal kargo Portugis tabrakan di Piraeus, Yunani, 27 Oktober 2020. Foto/Anadolu
A A A
ATHENA - Dua orang dibawa ke rumah sakit saat kapal penyapu ranjau Angkatan Laut Yunani bertabrakan dengan kapal kargo berbendera Portugal di luar pelabuhan Piraeus dekat Athena, pada Selasa (27/10).

Skai TV melaporkan, “Empat kru kapal penyapu ranjau Kallisto telah dibawa dari Laut Aegean oleh tim penyelamat.”

Kapal Kallisto itu membawa total 27 orang awak kapal. “Dua orang dirawat di rumah sakit itu sebagai langkah pencegahan,” ungkap media lokal.

Kapal Portugal , Maersk Launceston, yang memiliki panjang 266 meter itu memiliki tujuan ke Turki sebelum tabrakan terjadi. Kapten kapal telah ditahan dan sedang dalam investigasi.

Kapal penyapu ranjau sepanjang 57 meter itu ditarik ke Salamina untuk pemeriksaan kerusakan. (Baca Juga: Turki-Yunani Sepakat Redam Ketegangan di Laut Mediterania)

Saat ini Yunani sedang terlibat konflik dengan Turki di Laut Mediterania. Yunani dan Turki telah membentuk mekanisme dekonfliksi militer menyusul serangkaian pembicaraan teknis di Brussels. (Lihat Infografis: Daftar Produk Prancis yang Berpotensi Diboikot Dunia Muslim)

Begitu pernyataan yang dikeluarkan Pakta Pertahanan Atlantik Utara atau NATO, organisasi yang menaungi kedua negara tersebut. (Lihat Video: Jelang Libur Panjang, Penumpang Sejumlah Transportasi Meningkat)

“Mekanismenya dirancang untuk mengurangi risiko insiden dan kecelakaan di Laut Mediterania Timur. Ini termasuk pembuatan hotline antara Yunani dan Turki, untuk memfasilitasi de-konflik di laut atau di udara,” bunyi pernyataan itu seperti dilansir dari kantor berita Turki, Anadolu, Kamis (1/10).



Kepala NATO Jens Stoltenberg menyambut baik kesepakatan tersebut. “Ini dicapai melalui keterlibatan konstruktif Yunani dan Turki. Saya tetap berhubungan dekat dengan kedua negara Sekutu," kata Stoltenberg di akun Twitternya.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1088 seconds (0.1#10.140)