Cek Fakta Debat Capres AS

Jum'at, 23 Oktober 2020 - 13:02 WIB
loading...
A A A
Para pejabat AS juga mencirikan kepada ABC News bahwa upaya campur tangan Rusia pada tahun 2016 dan 2020 jauh melebihi upaya Iran dalam lingkup dan kompleksitas.

Trump menyesatkan penggalangan dana

KLAIM TRUMP: “Joe (Biden), Anda telah mengumpulkan banyak uang, sejumlah besar uang dan setiap kali Anda mengumpulkan uang, kesepakatan dibuat, Joe. Saya bisa mengumpulkan lebih banyak uang sebagai presiden dan sebagai seseorang yang mengenal sebagian besar orang-orang itu. Saya bisa menyebut kepala Wall Street, kepala setiap perusahaan di Amerika. Saya akan menghancurkan setiap rekor, tetapi saya tidak ingin melakukannya karena itu menempatkan saya pada posisi yang buruk."

PERIKSA FAKTA: Trump menargetkan Biden terkait pengumpulan dana untuk kampanyenya dengan mengklaim dia dapat mengumpulkan lebih banyak tetapi akan ditempatkan dalam "posisi yang buruk" karena dia akan berutang sesuatu kepada donor sebagai imbalan.

Namun, Trump sendiri secara teratur mengadakan penggalangan dana pribadi bernilai tinggi yang meraup jutaan dolar dan telah mengumpulkan lebih dari USD1,5 miliar sejauh siklus pemilihan ini.

Seminggu yang lalu, presiden menghadiri penggalangan dana tertutup di rumah Nicole dan Palmer Luckey, seorang pengusaha - di mana tiket berkisar dari USD2.800 hingga USD100.000 per orang.

Trump melebih-lebihkan jadwal kesiapan vaksin

KLAIM TRUMP: "Kami memiliki vaksin yang akan datang. Sudah siap. Ini akan diumumkan dalam beberapa minggu. Dan akan dikirimkan."

"Johnson & Johnson melakukannya dengan sangat baik. Moderna melakukannya dengan sangat baik. Pfizer melakukannya dengan sangat baik. Dan kami memiliki banyak lainnya."

PERIKSA FAKTA: Vaksin Covid-19 belum siap saat ini. Tetapi memang benar bahwa dua perusahaan - Pfizer dan Moderna - dapat meminta otorisasi penggunaan darurat pada bulan November atau Desember.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1377 seconds (0.1#10.140)