Cek Fakta Debat Capres AS Terkait Covid-19

Jum'at, 23 Oktober 2020 - 10:09 WIB
loading...
A A A
Sepanjang Maret, Biden menggunakan kata "xenophobic" dalam berbagai pidato dan tweet untuk mengkritik presiden yang menyebut COVID-19 sebagai "virus China".

Biden memang mengakui pembatasan perjalanan yang diberlakukan oleh pemerintahan Trump dalam pidatonya pada bulan Maret, mencatat bahwa itu "mungkin" memperlambat penyebaran.

"Melarang semua perjalanan dari Eropa atau bagian lain dunia dapat memperlambatnya, tetapi seperti yang telah kita lihat, itu tidak akan menghentikannya. Dan pembatasan perjalanan berdasarkan favoritisme dan politik daripada risiko akan menjadi kontraproduktif," kata Biden.

Kampanye Biden tidak secara eksplisit membahas pandangan wakil presiden tentang larangan tersebut hingga April.

"Joe Biden mendukung larangan perjalanan yang dipandu oleh para ahli medis, yang didukung oleh pejabat kesehatan masyarakat dan didukung oleh strategi penuh," kata wakil manajer kampanye Biden Kate Bedingfield kepada CNN.

"Sains mendukung larangan ini, oleh karena itu dia juga melakukannya.

Trump salah menyatakan komentar Fauci tentang masker

KLAIM TRUMP: "Tidak ada yang tahu dari mana asalnya, apa itu. Kami sudah belajar banyak. Tapi Anthony bilang jangan pakai masker. Sekarang dia mau pakai masker."

PERIKSA FAKTA: Dr. Anthony Fauci, salah satu ahli penyakit menular terkemuka di AS, dan ahli kesehatan masyarakat pada awalnya mengatakan kepada orang Amerika untuk tidak memakai masker bedah atau N95 pada hari-hari awal dari apa yang telah menjadi pandemi Covid-19.

Pada awal pandemi,CDC dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), serta Fauci dan pakar top lainnya, awalnya tidak menyarankan penggunaan masker karena kekhawatiran bahwa masker dan alat pelindung diri lainnya tidak cukup untuk perawat kesehatan yang membutuhkannya. Pejabat kesehatan masyarakat juga khawatir penggunaan masker dapat menimbulkan konsekuensi yang tidak diinginkan jika orang lebih sering menyentuh wajah mereka untuk menyesuaikan atau gagal menjaga jarak sosial.(Baca juga: Kesal, Trump Sebut Ahli Covid-19 AS Anthony Fauci Idiot )
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1326 seconds (0.1#10.140)