WHO: Lockdown Harus Dicabut Bertahap dalam 2 Minggu

Rabu, 15 April 2020 - 19:22 WIB
loading...
WHO: Lockdown Harus Dicabut Bertahap dalam 2 Minggu
WHO menyarankan pencabutan lockdown dilakukan bertahap. Foto/Reuters
A A A
JENEWA - Negara-negara yang mengurangi pembatasan yang diberlakukan untuk mengurangi penyebaran virus Corona harus menunggu setidaknya dua minggu untuk mengevaluasi dampak dari perubahan tersebut sebelum mengungarinya lagi. Hal itu diungkapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Dunia berada pada titik penting dalam pandemi dan kecepatan, skala dan kesetaraan harus menjadi prinsip panduan kami ketika memutuskan tindakan apa yang diperlukan," kata agensi PBB itu dalam Pembaruan Strategi terbarunya seperti dikutip dari Reuters, Rabu (15/4/2020).

WHO mengatakan setiap negara harus menerapkan langkah-langkah kesehatan masyarakat yang komprehensif untuk mempertahankan kondisi stabil tingkat rendah atau tidak ada transmisi yang berkelanjutan dan menyiapkan kapasitas lonjakan untuk bereaksi cepat untuk mengendalikan penyebaran apa pun.

Beberapa negara yang paling terpukul oleh virus ini sekarang mempertimbangkan untuk mengangkat penguncian wilayah (lockdown) dan memulai transisi menuju dimulainya kembali kehidupan normal. Pembaruan WHO mengatakan setiap langkah seperti itu harus dilakukan secara bertahap, dengan waktu untuk mengevaluasi dampaknya sebelum langkah-langkah baru diambil.

"Untuk mengurangi risiko wabah baru, langkah-langkah harus diambil secara bertahap, langkah-bijaksana berdasarkan penilaian risiko epidemiologis dan manfaat sosial ekonomi dari mengangkat pembatasan pada tempat kerja yang berbeda, lembaga pendidikan, dan kegiatan sosial," kata WHO.

"Idealnya akan ada minimum 2 minggu (sesuai dengan masa inkubasi COVID-19) antara setiap fase transisi, untuk memberikan waktu yang cukup untuk memahami risiko wabah baru dan untuk merespons dengan tepat," tambahnya.

WHO memperingatkan bahwa risiko pengenalan kembali dan kebangkitan penyakit akan berlanjut.

Organisasi kesehatan global yang bermarkas di Jenewa itu mengeluarkan sarandi saat mereka mendapat kecaman dari Amerika Serikat (AS) atas reaksi awal terhadap pandemi tersebut. Presiden Donald Trump mengatakan pada hari Selasa, Washington, donor terbesar WHO, akan menghentikan pendanaan.

China telah mulai mencabut beberapa pembatasan yang diberlakukan di provinsi Hubei di mana penyakit ini pertama kali muncul pada akhir tahun lalu. Di Amerika Serikat, yang memiliki jumlah kasus dan kematian terbesar yang dikonfirmasi, Trump telah mendesak beberapa gubernur negara bagian yang memiliki wewenang untuk mulai membuka kembali bisnis AS.

Negara-negara Eropa telah memulai langkah skala kecil untuk mengurangi lockdown.

Beberapa bisnis di Spanyol, termasuk konstruksi dan manufaktur, telah diizinkan untuk melanjutkan, meskipun toko, bar dan ruang publik harus tetap ditutup hingga setidaknya 26 April.

Italia, yang memiliki angka kematian tertinggi kedua di dunia mencapai 21.067, mempertahankan beberapa pembatasan ketat pada pergerakan, sementara Denmark, salah satu negara Eropa pertama yang ditutup, akan membuka kembali pusat penitipan anak dan sekolah untuk anak-anak dari kelas satu hingga lima pada hari Rabu.
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1961 seconds (0.1#10.140)