Menlu Retno: Penghapusan Total Senjata Nuklir Elemen Penting bagi Perdamaian

Minggu, 04 Oktober 2020 - 17:10 WIB
loading...
Menlu Retno: Penghapusan Total Senjata Nuklir Elemen Penting bagi Perdamaian
Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi mengatakan, penghapusan senjata nuklir adalah elemen penting bagi perdamaian dan keamanan dunia. Foto/Kemlu RI
A A A
JAKARTA - Menteri Luar Negeri Indonesia , Retno Marsudi mengatakan, penghapusan senjata nuklir adalah elemen penting bagi perdamaian dan keamanan dunia. Namun, Retno mengatakan, sayangnya sampai saat ini dunia masih jauh dari hal ini.

“75 tahun sejak berdirinya PBB dan 50 tahun sejak penandatanganan Traktat Non-Proliferasi Nuklir (NPT), dunia masih jauh dari penghapusan total senjata nuklir," ucap Retno pada Pertemuan Tingkat Tinggi Peringatan dan Promosi Hari Internasional Penghapusan Total Senjata Nuklir .

Retno, seperti dikutip dari siaran pers Kementerian Luar Negeri Indonesia pada Minggu (4/10/2020), menuturkan bahwa tidak adanya kemajuan dalam upaya penghapusan senjata nuklir mengakibatkan timbulnya defisit kepercayaan di antara negara-negara di dunia. ( )

Dia menambahkan, mempertahankan keberadaan senjata nuklir adalah jelas situasi zero-sum, atau kondisi yang menggambarkan bahwa jumlah keuntungan dan kerugian dari seluruh peserta dalam sebuah permainan adalah nol, sementara pemusnahan total senjata nuklir akan memastikan keberlangsungan umat manusia ke depan.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1629 seconds (0.1#10.140)