WHO: Kematian Akibat Covid-19 Bisa Capai 2 Juta Jiwa

Sabtu, 26 September 2020 - 11:34 WIB
loading...
WHO: Kematian Akibat Covid-19 Bisa Capai 2 Juta Jiwa
Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
JENEWA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan jumlah kematian akibat virus Corona di dunia bisa mencapai dua juta sebelum vaksin yang efektif digunakan secara luas.

Kepala darurat WHO, Dr Mike Ryan, mengatakan angka tersebut bisa lebih tinggi tanpa tindakan internasional bersama.

Hampir satu juta orang telah meninggal akibat Covid-19 di seluruh dunia sejak penyakit itu pertama kali muncul di China akhir tahun lalu. Sedangkan infeksi virus terus meningkat, dengan 32 juta kasus dikonfirmasi secara global.

Awal gelombang kedua infeksi virus Corona telah terlihat di banyak negara di belahan bumi utara saat musim dingin mendekat. Sejauh ini, Amerika Serikat (AS), India, dan Brasil telah mengonfirmasi kasus terbanyak, mencatat lebih dari 15 juta di antaranya.(Baca juga: WHO Sahkan Protokol untuk Uji Klinis Obat Herbal Covid-19 )

Tetapi dalam beberapa hari terakhir, telah terjadi kebangkitan infeksi di seluruh Eropa, mendorong peringatan penguncian nasional atau lockdown serupa dengan yang diberlakukan pada puncak gelombang pertama pandemi.

"Secara keseluruhan di wilayah yang sangat luas itu, kami melihat peningkatan penyakit yang mengkhawatirkan," kata Ryan tentang lonjakan kasus yang nyata di Eropa seperti dilansir dari BBC, Sabtu (26/9/2020).

Dia mendesak warga Eropa untuk bertanya pada diri mereka sendiri apakah mereka telah berbuat cukup untuk menghindari perlunya penguncian dan apakah alternatif, seperti pengujian dan pelacakan, karantina serta jarak sosial, telah diterapkan.

"Penguncian hampir merupakan pilihan terakhir - dan untuk berpikir bahwa kita kembali ke wilayah pilihan terakhir pada bulan September, itu adalah pemikiran yang cukup serius," ujar Ryan kepada wartawan di markas besar WHO di Jenewa.

Ditanya apakah dua juta kematian di seluruh dunia mungkin terjadi sebelum vaksin tersedia, Ryan berkata: "Ini bukan tidak mungkin."

Ia menambahkan bahwa tingkat kematian menurun seiring dengan peningkatan pengobatan untuk penyakit tersebut. Tetapi perawatan yang lebih baik dan bahkan vaksin yang efektif mungkin tidak cukup untuk mencegah kematian melebihi dua juta.

"Apakah kita siap melakukan apa yang diperlukan untuk menghindari angka itu?" tanya Ryan, meminta pemerintah untuk melakukan segalanya untuk mengendalikan Covid-19.

"Kecuali kita melakukan semuanya, angka yang Anda bicarakan tidak hanya bisa dibayangkan, tapi sayangnya dan sayangnya, sangat mungkin," cetusnya.(Baca juga: WHO: Keamanan Vaksin Covid-19 Paling Penting, Penangguhan Uji Coba Hal Biasa )

Di seluruh dunia, pedoman jarak sosial yang lebih ketat dan pembatasan bisnis diberlakukan untuk menekan lonjakan kedua pandemi Corona.

Di Spanyol, otoritas setempat telah merekomendasikan penerapan kembali penutupan sebagian di seluruh wilayah Madrid, di mana kasus infeksi Covid-19 telah meningkat tajam. Sebaliknya, otoritas lokal meningkatkan pembatasan di beberapa distrik kota, yang mempengaruhi satu juta orang.

Sementara itu di Prancis, staf dari bar dan restoran di kota selatan Marseille memprotes penutupan tempat kerja mereka pada hari Sabtu.

Pada hari Jumat, lebih banyak pembatasan diumumkan di beberapa wilayah Inggris, karena infeksi harian baru terus meningkat.(Baca juga: Gelombang Kedua Pandemi Covid-19, Inggris Shut Down )

Sebaliknya, pembatasan bisnis dicabut di beberapa negara bagian AS, meskipun jumlah kasus meningkat secara nasional.

Dr Anthony Fauci, ahli penyakit menular terkemuka di negara itu, mengatakan gelombang pertama pandemi belum berakhir di AS karena infeksi belum cukup menurun sejak wabah awal.

"Daripada mengatakan, 'gelombang kedua,' mengapa kita tidak mengatakan, 'apakah kita siap menghadapi tantangan musim gugur dan musim dingin?'," kata Dr Fauci kepada CNN.(Baca juga: Korban Meninggal Akibat Covid-19 di AS Lewati Angka 200 Ribu )

Di tempat lain, Israel memperketat pembatasan pada bisnis dan perjalanan, satu minggu setelah negara itu menjadi yang pertama di dunia yang memulai penguncian nasional kedua.
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2392 seconds (0.1#10.140)