Sah, Suga Resmi Pimpin Jepang sebagai Perdana Menteri Baru

Rabu, 16 September 2020 - 13:30 WIB
loading...
Sah, Suga Resmi Pimpin Jepang sebagai Perdana Menteri Baru
Yoshihide Suga berdiri saat dia resmi terpilih sebagai perdana menteri baru Jepang di Tokyo, 16 September 2020. Foto/REUTERS
A A A
TOKYO - Yoshihide Suga secara resmi terpilih sebagai perdana menteri (PM) Jepang dalam voting di majelis rendah parlemen pada Rabu (16/9).

Dia menjadi pemimpin baru pertama di Jepang dalam waktu hampir delapan tahun. Dia sudah menyiapkan “kabinet lanjutan” yang diperkirakan mempertahankan sekitar setengah kabinet era Shinzo Abe.

Suga, 71, sejak lama menjadi tangan kanan Abe. Suga berjanji melanjutkan berbagai program Abe, termasuk strategi ekonomi Abenomics dan melakukan reformasi struktural, termasuk deregulasi dan perampingan birokrasi.

Abe yang merupakan PM paling lama menjabat di Jepang secara mengejutkan mundur karena sakit keras setelah hampir delapan tahun menjabat. Suga menjabat kepala sekretaris kabinet di era Abe.

Suga meraih 314 suara dari total 462 suara yang divoting anggota majelis rendah parlemen Jepang . Majelis tinggi juga diperkirakan memilih Suga karena dikuasai partai berkuasa.

Suga menang dalam pemilihan ketua Partai Liberal Demokrat (LDP) pada Senin (14/9). Dia kini harus menghadapi berbagai tantangan, termasuk mengatasi pandemi Covid-19, menghidupkan kembali ekonomi dan mengatasi penuaan populasi.

Dengan pengalaman diplomasi langsung yang sedikit, Suga harus menghadapi pertarungan Amerika Serikat (AS) dan China, membangun hubungan dengan pemenang pemilu presiden AS 3 November dan menjaga hubungan Jepang dan China sesuai jalur.

Media lokal menyatakan hampir setengah dari kabinet baru akan diisi orang-orang dari kabinet Abe. Hanya ada dua wanita dan usia rata-rata, termasuk Suga, adalah 60 tahun.

Mereka yang diperkirakan mempertahankan posisi adalah Menteri Keuangan Taro Asoa dan Menteri Luar Negeri Toshimitsu Motegi, Menteri Olimpiade Seiko Hashimoto dan Menteri Lingkungan Shinjiro Koizumi, termuda dengan umur 39 tahun.

“Ini kabinet ‘Kelanjutan dengan huruf besar C’,” ungkap Jesper Koll, penasehat senior manajer aset WisdomTree Investments. (Baca Juga: Netanyahu: Damai dengan Arab Pompa Jutaan Dolar ke Kas Israel)

Adik kandung Abe, Nobuo Kishi diduga memenang posisi Menteri Pertahanan, menggantikan Taro Kono yang akan diberi tanggung jawab melakukan reformasi administratif, posisi yang pernah dipegang Kono sebelumnya. (Baca Infografis: Burevestnik : Rudal Jelajah Nuklir Rusia dengan Jangkauan Global)

Yasutoshi Nishimura akan tetap menjadi menteri ekonomi. Menteri Perdagangan dan Industri Hiroshi Kajiyama tetap memenang posisinya. (Lihat Video: Ratusan Pengunjung Kafe di Jepara Asyik Berjoget dan Tidak Mematuhi Protokol Kesehatan)
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1388 seconds (0.1#10.140)