Rusia Buru Saksi Serangan Racun Navalny, Siap Kirim Penyidik ke Jerman

Jum'at, 11 September 2020 - 19:44 WIB
loading...
Rusia Buru Saksi Serangan Racun Navalny, Siap Kirim Penyidik ke Jerman
Rusia buru saksi serangan racun terhadap tokoh oposisi Alexei Navalny. Foto/Kolase/Sindonews
A A A
MOSKOW - Kementerian Dalam Negeri Rusia mengatakan pihak kepolisian telah melacak pergerakan politisi oposisi Alexei Navalny dan apa yang diminumnya sebelum jatuk sakit di Siberia bulan lalu. Pihak kepolisian Rusia juga sedang berusaha menemukan saksi yang telah meninggalkan negara itu.

Kementerian Dalam Negeri Rusia juga sedang mempersiapkan permintaan bantuan hukum dari Jerman . Navalny di terbangkan ke Jerman pada bulan lalu untuk mendapatkan perawatan yang kemudian dikatakan ia telah diracun menggunakan racun saraf Novichok.

Sementara itu, dalam sebuah pernyataan, departemen transportasi kementerian dalam negeri di Siberia mengatakan ingin mengirim penyelidik untuk bekerja bersama koleganya di Jerman dalam kasus tersebut, setelah laporan menyatakan bahwa Navalny telah sadar dari koma.(Baca juga: Pompeo Duga Peracunan Navalny Diperintahkan Pejabat Rusia )

Polisi transportasi di Tomsk telah menetapkan kronologis kejadian yang menyebabkan Navalny jatuh sakit, kata kementerian itu. Kronologis itu mencantumkan sebuah hotel, restoran, flat, dan kedai kopi yang pernah dikunjungi Navalny, dan mengatakan dia minum anggur dan koktail beralkohol.

Pada hari-hari setelah Navalny sakit, juru bicaranya membantah keras tuduhan bahwa dia telah mengonsumsi alkohol.

Kementerian mengatakan polisi telah mewawancarai lima dari enam orang yang dikatakan menemani Navalny dalam perjalanan ketika dia jatuh sakit. Dikatakan mereka sedang mencari orang keenam yang diketahui sebagai Marina Pevchikh, seorang warga Inggris yang terbang ke Jerman pada 22 Agustus dan yang keberadaannya dikatakan saat ini belum diketahui.(Baca juga: Rusia Sebut Pernyataan Pompeo Soal Navalny Tidak Dapat Diterima )

"Permintaan ini akan mencakup permohonan untuk kemungkinan kehadiran penyelidik urusan dalam negeri Rusia dan seorang spesialis Rusia ketika rekan Jerman sedang melakukan penyelidikan dengan Navalny, dokter dan ahli," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Reuters, Jumat (11/9/2020).

Pihak Rusia juga meminta izin untuk mengajukan klarifikasi dan pertanyaan tambahan.

Permintaan tersebut tampaknya tidak memiliki peluang untuk berhasil, mengingat Jerman mengatakan telah memastikan keberadaan Novichok dan menuntut penjelasan dari Moskow - seruan yang juga digaungkan oleh negara-negara Barat lainnya. Beberapa politisi Jerman telah menyerukan sanksi tambahan terhadap Rusia.

Rusia belum membuka penyelidikan kriminal formal dan berpegang pada posisinya yang membutuhkan bukti kuat dari Jerman bahwa Navalny memang diracun.
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1439 seconds (0.1#10.140)