Heboh Tentara-tentara Cantik Rusia di Hari Perempuan Internasional

Senin, 09 Maret 2020 - 12:25 WIB
Heboh Tentara-tentara Cantik Rusia di Hari Perempuan Internasional
Heboh Tentara-tentara Cantik Rusia di Hari Perempuan Internasional
A A A
MOSKOW - Peringatan Hari Perempuan Internasional (International Women’s Day) di Rusia menjadi sorotan dunia setelah militernya menggelar kontes kecantikan. Gara-gara kontes yang menampilkan para tentara cantik itu, Moskow dituding mengumbar seksisme.

Peringatan International Women’s Day jatuh pada 8 Maret dan diperingati hampir di setiap negara di dunia.

Kontes kecantikan digelar hampir di setiap divisi militer Rusia, termasuk Angkatan Laut dan Angkatan Udara. Contoh, kontes yang dinamai "Beauty of the Airborne Forces" menampilkan pasukan terjun payung Rusia digelar di Tula.

"Dalam perjalanan kontes, para gadis akan mengambil bagian dalam beberapa percobaan di mana mereka akan menunjukkan kecantikan, keunggulan estetika, kecerdasan, (bersama dengan) sifat moral dan spiritual mereka," bunyi penjelasan resmi militer Rusia.

"Dalam percobaan, para gadis akan menunjukkan keterampilan mereka dalam memasak dan melayani di kontes Magic Chef," lanjut militer tersebut.

Para penerjun payung perempuan juga dilibatkan dalam apa yang mereka sebut "couturier contest" yang mana mereka menunjukkan keterampilan menjahit.

Kritik terhadap kontes kecantikan yang digelar militer Moskow salah satunya datang dari sarjana terkemuka, Anastasia Krasilnikova. Dalam saluran Megabitch Telegram, dia mengatakan; "Pemenang akan dihadirkan, dapatkah Anda bayangkan? Mahkota."

Pasukan rudal Rusia, yang bertanggung jawab atas arsenal nuklir negara itu, juga menggelar kontes kecantikan. Menurut Krasilnikova, nama kontes tersebut adalah "Makeup Under Camouflage".

"Kontestan perempuan harus menunjukkan keterampilan dan pengalaman mereka dalam taktis, khusus, teknis, dan menembak serta pelatihan fisik," bunyi aturan dalam kontes tersebut.

"Selain itu, perhatian khusus diberikan untuk (kontes) memasak," lanjut aturan kontes. "Di sini pasukan perempuan harus menunjukkan bakat mereka dan membuat setidaknya tiga kali masakan rendah kalori dengan serangkaian produk dasar."
Heboh Tentara-tentara Cantik Rusia di Hari Perempuan Internasional
Letnan Kristina Novikova, pemenang kedua "Kontes Kecantikan Polisi" di Kursk, Rusia. Foto/Polisi Kursk
Sejumlah pasukan polisi di berbagai wilayah Rusia juga mengadakan kontes kecantikan menjelang atau pada 8 Maret, salah satu hari libur umum terpenting dalam kalender di negara itu.
Di Kursk, pemenangnya "Kontes Kecantikan Polisi" adalah sersan junior Irina Khodyrevskaya, dengan runner-up Letnan Kristina Novikova, seorang detektif. Hanya polisi wanita berusia di bawah 30 tahun yang bisa ikut kontes.

Kontes kecantikan oleh polisi Rusia ini juga tak luput dari kritik yang bermunculan secara online. Beberapa komentar kasar menyebut juri dalam kontes tersebut "mabuk" dalam memilih pemenang.

Seorang juru bicara polisi membela seleksi para polis perempuan yang berhak ikut kontes. "Gadis-gadis itu diberikan poin atas serangan yang bertujuan baik dari pistol Makarov, melakukan latihan kekuatan, metode penahanan, pengetahuan tentang hukum, dan pertolongan pertama," bunyi pernyataan polisi Rusia. “Semua ini adalah bagian dari profesi polisi."

“Untuk membuatnya menarik bagi para peserta untuk bersaing, panitia datang dengan berbagai tugas kreatif lainnya," imbuh pernyataan polisi.

Khodyrevskaya, seorang petugas patroli yang mengendarai kuda polisi, adalah pemenang kontes. Kontes yang dia ikuti termasuk parade dengan gaun malam.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3823 seconds (0.1#10.140)