5 Fakta Cheget, Tas Nuklir Vladimir Putin

Senin, 07 Agustus 2023 - 14:44 WIB
loading...
5 Fakta Cheget, Tas Nuklir Vladimir Putin
Cheget, tas nuklir Presiden Rusia Vladimir Putin. Ada lima fakta menarik dari Cheget. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Cheget, tas nuklir Vladimir Putin, adalah salah satu aspek yang paling menarik dari kehidupan dan kebijakan Presiden Rusia. Tas nuklir portabel ini berperan penting dalam strategi pertahanan negara Rusia.

Meski terlihat sederhana, tas ini selalu dibawa kemanapun Vladimir Putin pergi. Pasalnya Cheget mampu menghubungkan jaringan komando dan kendali pasukan nuklir strategis Rusia.

Baca Juga: Tak Kerja Putin Ini Berisi Tombol Pemicu Perang Nuklir

5 Fakta Cheget yang Perlu Diketahui


1. Tas Kecil Berisi Sistem Komando Nuklir


Cheget adalah istilah yang mengacu pada tas nuklir portable yang selalu dikawal oleh anggota Garda Nasional Rusia. Tas ini berisi kode-kode rahasia untuk meluncurkan serangan nuklir balistik Rusia jika terjadi situasi darurat.

Presiden Rusia Vladimir Putin selalu membawa Cheget ini kemanapun dirinya pergi, sehingga memungkinkannya untuk merespons dengan cepat dalam segala situasi krisis yang terjadi.

2. Berasal dari Nama Pegunungan


Nama Cheget sebenarnya berasal dari nama gunung yang terletak di Pegunungan Kaukasus. Gunung Cheget adalah salah satu puncak yang paling terkenal di wilayah tersebut.

3. Baru Pernah Dipublikasikan 1 Kali


Pemimpin Rusia menerima tas nuklir bernama Cheget ini pada tanggal 31 Desember 1999 setelah dikembangkan pada masa pemerintahan Yuri Andropov di awal tahun 1980an. Sejak pertama kali diterima, Cheget selalu dirahasiakan keberadaannya dan baru satu kali ditunjukan ke muka publik.

4. Sistem Keamanan Tertinggi


Cheget dilengkapi dengan sistem keamanan yang sangat ketat. Tas nuklir ini hanya bisa dibuka dengan penggunaan dua kunci enkripsi yang berbeda.

Masing-masing kunci tersebut dipegang oleh dua perwira tinggi tentara nasional Rusia yang selalu ada di sekitar Vladimir Putin. Ini untuk mencegah akses ilegal dan memastikan keputusan peluncuran senjata nuklir melalui pertimbangan yang tepat.

5. Simbol Kekuasaan dan Ketegasan


Di dalam maupun di luar negeri, Cheget menjadi simbol kekuasaan dan ketegasan Vladimir Putin sebagai Presiden Rusia. Tas nuklir ini mencerminkan tanggung jawabnya sebagai pemimpin negara dengan kekuatan nuklir terbesar di dunia.

Penggunaan Cheget juga menjadi peringatan bagi dunia bahwa Rusia siap menghadapi ancaman apapun yang dapat membahayakan keamanan dan integritasnya.

Itulah 5 fakta Cheget yang menarik untuk diketahui, semoga informasi ini dapat menambah wawasan para pembaca.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1128 seconds (0.1#10.140)