China Sambut Hangat Wacana Koalisi Militer dengan Rusia

loading...
China Sambut Hangat Wacana Koalisi Militer dengan Rusia
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden China Xi Jinping. China menyambut hangat wacana koalisi militer dengan Rusia. Foto/Brookings Institute
A+ A-
BEIJING - China menyambut hangat pernyataan Presiden Rusia Vladimir Putin bahwa kedua negara suatu hari dapat meningkatkan kemitraan startegis mereka menjadi aliansi militer, sehingga menyatukan dua pesaing global teratas Amerika Serikat (AS).

"China mencatat komentar positif Presiden Putin tentang hubungan China-Rusia pada pertemuan tahunan Klub Diskusi Valdai dalam beberapa tahun terakhir, yang menunjukkan tingkat tinggi dan spesialisasi hubungan bilateral kami," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian seperti dikutip dari Newsweek, Sabtu (24/10/2020).

Dia mengatakan bahwa segala sesuatu mungkin terjadi, mengingat hubungan yang telah dikembangkan oleh Beijing dan Moskow.

"Tidak ada batasan untuk persahabatan tradisional China-Rusia dan tidak ada area terlarang untuk memperluas kerja sama kami," ujar Zhao.



"Di bawah bimbingan strategis Presiden Xi dan Presiden Putin, kepercayaan politik bersama dan koordinasi strategis antara kedua negara telah ditingkatkan," imbuhnya.(Baca juga: Xi Jinping: China Harus Bangun Tentara Kelas Dunia)

Zhao juga tampak berharap bahwa keduanya dapat naik ke kesempatan tersebut untuk mengatasi tantangan bersama-sama.

"Hubungan kami telah bertahan dalam ujian dari lanskap internasional yang berubah dan memberikan contoh bagus untuk mengembangkan jenis hubungan baru antara negara-negara besar," ucapnya kepada wartawan.



Dan meskipun ada kekhawatiran di Amerika Serikat (AS) dan di sebagian besar negara Barat tentang kekuatan yang tumbuh dari duo ini, dia berpendapat keduanya akan menjadi kekuatan untuk kebaikan di dunia.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top