IMF Proyeksikan Resesi Ekonomi di Afrika pada 2020 Akibat Covid-19

Rabu, 15 April 2020 - 02:01 WIB
loading...
IMF Proyeksikan Resesi Ekonomi di Afrika pada 2020 Akibat Covid-19
Polisi duduk di tengah jalan yang diblokir di Abuja, Nigeria. Foto/REUTERS/Afolabi Sotunde
A A A
JOHANNESBURG - Dana Moneter Internasional (IMF) memproyeksikan produk domestik bruto (PDB) di Afrika melemah 1,6% tahun ini, dibandingkan pertumbuhan ekonomi 3,1% tahun lalu, seiring terjadinya wabah virus corona.

Berbagai negara di Afrika menerapkan lockdown dan jam malam untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19). Namun berbagai pembatasan itu mengakibatkan tekanan ekonomi di banyak negara Afrika.

Padahal beberapa negara di Afrika telah mengalami resesi sebelum wabah corona muncul.

IMF menyatakan dalam Outlook Ekonomi Dunia bahwa PDB diproyeksikan turun tajam di Afrika Selatan, yang merupakan negara dengan ekonomi paling kuat di benua itu.

"PDB Afrika Selatan diproyeksikan menyusut 5,8% pada 2020 dari pertumbuhan 0,2% pada 2019,” ungkap pernyataan IMF.

Afrika Selatan telah memasuki resesi pada kuartal IV tahun lalu saat pemangkasan listrik oleh perusahaan negara Eskom berdampak pada ekonomi. Di sisi lain, keuangan publik mendapat tekanan akibat bailout pada perusahaan-perusahaan negara yang mengalami kesulitan.

Afrika Selatan telah menerapkan kebijakan terketat di Afrika untuk mengatasi virus corona, termasuk lockdown lima pekan hingga akhir April. Dengan aktivitas produksi dan belanja yang berkurang, outlook ekonomi masih suram.
(sya)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2844 seconds (11.97#12.26)