Tegang dengan Yunani, Turki Kembangkan Rudal Hipersonik dan Senjata Laser

Senin, 31 Agustus 2020 - 09:37 WIB
loading...
A A A
Berbicara kemudian pada upacara wisuda di Universitas Pertahanan Nasional di Ankara, Erdogan mengatakan; "Kami melakukan perlawanan yang efektif terhadap semua ancaman dengan menyeimbangkan investasi kami di industri pertahanan dan sumber daya manusia kami."

Terkait situasi di Mediterania Timur, Erdogan mengklaim Turki sedang menghadapi ancaman eksternal. "Seiring dengan perang kami melawan terorisme, kami menghadapi ancaman terhadap hak dan kepentingan kami di kawasan, terutama di Mediterania dan Aegean," katanya.

"Setiap orang yang menentang kami di darat, di udara, atau di laut menantang legitimasi Turki dan tekad kami untuk melindungi hak-hak kami berdasarkan hukum internasional," paparnya. (Baca juga: Hebat! Pesawat F-16 TNI AU Bisa Tembak 4 Target Sekaligus Tanpa Melihat )

Ketegangan antara Ankara dan Athena telah melonjak selama beberapa hari terakhir setelah Yunani mempersoalkan eksplorasi energi Turki di Mediterania Timur ketika mencoba untuk masuk ke dalam wilayah maritim Turki yang didasarkan pada pulau-pulau kecil di dekat pantai Turki.

Turki—negara dengan garis pantai terpanjang di Mediterania—telah mengirimkan kapal bor untuk mengeksplorasi cadangan di landas kontinennya. Ankara menegaskan Turki dan Republik Turki Siprus Utara (TRNC) memiliki hak di wilayah tersebut.

Para pejabat Turki mengatakan bahwa dialog untuk distribusi yang adil dari sumber daya apa pun akan menjadi win-win solution untuk semua pihak. Turki juga mengkritik upaya Yunani untuk mendapatkan dukungan Uni Eropa untuk memblokir eksplorasi energi resmi Ankara.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1175 seconds (0.1#10.140)