Mengapa Lebanon Tak Mampu Melepaskan diri dari Cengkeraman Hizbullah?

Senin, 14 Oktober 2024 - 18:07 WIB
loading...
A A A
Sejak sistem keuangan mereka runtuh pada tahun 2019, sebagian besar negara itu jatuh miskin. Lebanon tidak memiliki presiden terpilih, jaringan listriknya hampir tidak ada, bandara utamanya hampir ditutup, dan militernya sebagian besar tidak berdaya melawan pemboman dan serangan udara Israel yang tiada henti. Seperti Gaza, negara itu mungkin akan segera terputus dari dunia luar.

Meskipun telah berupaya keras selama lebih dari 40 tahun, Israel belum mampu melemahkan kemampuan militer Hizbullah secara meyakinkan, termasuk persenjataan jarak jauhnya, atau secara signifikan mengurangi pengaruh Iran yang semakin besar di wilayah tersebut.

"Demikian pula, pengaruh politik Hizbullah di Lebanon semakin dalam dari waktu ke waktu, meskipun ada konflik yang terjadi sesekali dan kampanye militer Israel," kata Sadler.

Namun, cengkeraman Hizbullah di Lebanon kini menghadapi tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya karena negara itu bergulat dengan keruntuhan ekonomi, kelumpuhan politik, dan ketidakpuasan yang semakin meningkat dari dalam penduduknya sendiri.

(ahm)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1090 seconds (0.1#10.140)