Mengapa Lebanon Tak Mampu Melepaskan diri dari Cengkeraman Hizbullah?

Senin, 14 Oktober 2024 - 18:07 WIB
loading...
Mengapa Lebanon Tak...
Hizbullah mampu menguasai Lebanon. Foto/Al Manar
A A A
BEIRUT - Perang baru di garis depan Lebanon yang sudah lama diinjak-injak dapat meningkat jauh melampaui apa yang kita saksikan sekarang. Namun, bahkan satu pukulan telak demi pukulan telak tidak akan menjembatani jurang ideologis yang dalam dan permusuhan selama puluhan tahun yang memicu konflik ini.

Jika satelit adalah artileri baru peperangan modern, seperti yang diutarakan dalam film James Bond tahun 1997 yang ikonik Tomorrow Never Dies, maka Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyampaikan pesan yang mengejutkan secara verbal dalam sebuah pesan video yang disiarkan ke seluruh dunia.

Ia mencirikan Hizbullah sebagai "geng tiran dan teroris," dan mendesak rakyat Lebanon untuk membebaskan diri dari kelompok teror tersebut.

"Anda memiliki kesempatan untuk menyelamatkan Lebanon sebelum jatuh ke jurang perang panjang yang akan menyebabkan kehancuran dan penderitaan, seperti yang kita lihat di Gaza," kata Netanyahu, dilansir Euro News. "Tidak harus seperti itu."

Meskipun Netanyahu telah membuat pernyataan serupa di masa lalu, momen ini terasa sangat berbeda—dan jauh lebih beracun.

Dengan mendesak rakyat Lebanon untuk melepaskan diri dari Hizbullah, sebuah kelompok yang lebih siap daripada angkatan bersenjata Lebanon, ia berisiko memicu ketegangan yang ada di negara yang sudah bergulat dengan perpecahan sektarian yang mengakar dan ketidakstabilan politik.

Setiap pemberontakan akar rumput dapat dengan cepat berubah menjadi kekacauan yang hebat, yang melibatkan berbagai faksi, memperparah persaingan yang telah berlangsung lama, dan semakin mengganggu stabilitas negara.

Sejak pembunuhan Hassan Nasrallah hampir dua minggu lalu, kepemimpinan Hizbullah telah menderita kerugian yang signifikan akibat serangan udara Israel. Namun, kelompok tersebut masih jauh dari kata kehilangan arah.

Serangan roket terus menghujani Israel, menargetkan lokasi-lokasi penting seperti kota pelabuhan Haifa, gerbang ekonomi penting bagi negara Yahudi tersebut. Serangan yang terus berlangsung ini menggarisbawahi ketahanan Hizbullah dan kemampuannya untuk membalas meskipun sedang mengalami krisis kepemimpinan.

Mengapa Lebanon Tak Mampu Melepaskan diri dari Cengkeraman Hizbullah?

1. Hizbullah Tetap Teguh dan Tak Terkalahkan

Dengan segudang pengalaman — termasuk beberapa wawancara dengan pemimpin Hizbullah yang terbunuh — saya dapat dengan jelas membayangkan saat kematian datang bagi musuh Israel yang paling tangguh.

Dalam salah satu serangan udara terbesar di pusat kota dalam sejarah terkini, Israel melepaskan sekitar 80 ton bahan peledak, menggunakan amunisi yang dirancang dengan cermat untuk menembus jauh ke dalam struktur bawah tanah yang dibentengi.

"Serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya ini tidak hanya menandai eskalasi yang signifikan dalam konflik tetapi juga menggarisbawahi sejauh mana Israel akan berusaha untuk menetralkan ancaman yang terus-menerus. Skala dan ketepatan serangan itu merupakan pengingat yang jelas tentang sifat peperangan yang terus berkembang di wilayah tersebut," kata Brent Sadler, pakar geopolitik Timur Tengah, dilansir Euro News.

2. Warisan Nasrallah Sangatlah Kuat

Konflik yang sedang berlangsung tidak hanya menargetkan kepemimpinan tetapi juga bertujuan untuk mengganggu fondasi wilayah yang gelap ini.

Pendiri Hizbullah di Teheran mungkin merencanakan satu pertunjukan terakhir yang diatur untuk Nasrallah — Sayeed, keturunan langsung Nabi Muhammad. Laporan menunjukkan bahwa jasadnya, jika memang ada, telah dikubur sementara, menunggu pemindahan besar-besaran ke Iran.

Langkah ini dapat menjadi simbol yang kuat: meskipun mengalami kemunduran dan kerugian saat ini, Hizbullah tetap teguh dan tak terkalahkan. Tindakan seperti itu tidak hanya akan menghormati warisan Nasrallah tetapi juga memperkuat narasi perlawanan, menggalang pendukung dan menegaskan bahwa kelompok tersebut terus pantang menyerah.

"Jika separuh negara terkejut, sedih, dan marah atas kematian Nasrallah, separuh lainnya tidak terlalu menyesalinya. Saat kesedihan melanda satu faksi, faksi lain mendidih karena frustrasi, hasil yang tak terelakkan dari seorang pemimpin yang tindakannya berulang kali mendorong negara itu ke ambang kehancuran," jelas Sadler.

Kesenjangan sosial yang dalam ini mencerminkan keretakan yang lebih luas di Lebanon — sebuah negara yang terjebak antara kesetiaan yang teguh terhadap perlawanan dan kerinduan yang mendesak akan perdamaian.


3. Hizbullah Berjuang Melawan Israel

Tahun-tahun awal Hizbullah selama tahun 1980-an ditandai oleh kampanye bom bunuh diri yang brutal dan efektif, yang menargetkan kepentingan Amerika dan Eropa di Lebanon dengan konsekuensi yang menghancurkan. Serangan-serangan ini, yang menimbulkan banyak korban, menjadi taktik khas.

Namun, inti dari konflik yang berlangsung lama itu tetap memiliki tujuan bersama: perjuangan untuk membebaskan Palestina dan pemberantasan "entitas Zionis". Para pendukung Hizbullah meneriakkan slogan-slogan saat yang lain mengibarkan bendera selama unjuk rasa "kemenangan atas Israel", di pinggiran kota Beirut yang dibom, September 2006

"Berkembang di daerah Beirut Selatan, Hizbullah menemukan pijakannya saat Iran memanfaatkan momen itu untuk memajukan ambisi jangka panjangnya," jelas Sadler.

4. Mendapatkan Dukungan Penuh dari Iran

Ini menandai dimulainya era baru, dengan Teheran memanfaatkan Hizbullah untuk mempelopori strategi regional yang bertujuan memperluas kekuasaan dan pengaruhnya di kawasan itu.

Namun, inti dari konflik yang berlangsung lama itu tetap memiliki tujuan bersama: perjuangan untuk membebaskan Palestina dan pemberantasan "entitas Zionis".

5. Lebanon Tidak Memiliki Militer yang Kuat

Lebanon tidak memiliki presiden terpilih, jaringan listriknya hampir tidak ada, bandara utamanya hampir ditutup, dan militernya sebagian besar tidak berdaya melawan pemboman dan serangan udara Israel yang tiada henti. Seperti Gaza, negara itu mungkin akan segera terputus dari dunia luar.

Namun, penduduk sipil Lebanon sudah berada di ambang kehancuran. Dengan lebih dari satu juta orang mengungsi, potensi pertikaian internal akan semakin parah bahkan saat bantuan internasional datang untuk menyelamatkan mereka.

Sejak sistem keuangan mereka runtuh pada tahun 2019, sebagian besar negara itu jatuh miskin. Lebanon tidak memiliki presiden terpilih, jaringan listriknya hampir tidak ada, bandara utamanya hampir ditutup, dan militernya sebagian besar tidak berdaya melawan pemboman dan serangan udara Israel yang tiada henti. Seperti Gaza, negara itu mungkin akan segera terputus dari dunia luar.

Meskipun telah berupaya keras selama lebih dari 40 tahun, Israel belum mampu melemahkan kemampuan militer Hizbullah secara meyakinkan, termasuk persenjataan jarak jauhnya, atau secara signifikan mengurangi pengaruh Iran yang semakin besar di wilayah tersebut.

"Demikian pula, pengaruh politik Hizbullah di Lebanon semakin dalam dari waktu ke waktu, meskipun ada konflik yang terjadi sesekali dan kampanye militer Israel," kata Sadler.

Namun, cengkeraman Hizbullah di Lebanon kini menghadapi tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya karena negara itu bergulat dengan keruntuhan ekonomi, kelumpuhan politik, dan ketidakpuasan yang semakin meningkat dari dalam penduduknya sendiri.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1042 seconds (0.1#10.140)