Pasukan PBB di Lebanon Waspada Militer Israel Bangun Pangkalan di Dekatnya

Rabu, 09 Oktober 2024 - 07:45 WIB
loading...
Pasukan PBB di Lebanon...
Pasukan Unifil berpatroli di wilayah perbatasan antara Lebanon dan Israel. Foto/tasnim
A A A
BEIRUT - Pasukan penjaga perdamaian PBB di Lebanon semakin khawatir dengan aktivitas pasukan Israel di wilayah yang berdekatan dengan operasi mereka.

Pasukan Sementara Perserikatan Bangsa-Bangsa di Lebanon (Unifil) didirikan pada tahun 1978. Sejak perang Israel-Hizbullah terakhir pada tahun 2006, pasukan ini merupakan satu-satunya kekuatan militer selain tentara Lebanon yang harus dikerahkan di antara perbatasan Israel dan Sungai Litani, 30 kilometer di utara perbatasan, berdasarkan Resolusi PBB 1701.

Namun, setelah invasi Israel ke Lebanon pekan lalu, militer Zionis mulai meningkatkan kehadirannya di seluruh wilayah selatan, yang dalihnya ditujukan untuk menargetkan operasi Hizbullah di wilayah tersebut.

Israel memerintahkan Unifil mengevakuasi pangkalannya di wilayah operasinya tetapi Unifil menolak.

Kini, Israel dilaporkan telah mendirikan pangkalan operasi terdepan yang sangat dekat dengan Pos PBB 6-52, yang dikelola pasukan penjaga perdamaian Irlandia, sehingga meningkatkan kekhawatiran Unifil tentang kemungkinan ancaman terhadap aktivitas mereka.

"Unifil sangat khawatir dengan aktivitas terkini IDF yang berdekatan dengan posisi Misi 6-52, di tenggara Maroun al-Ras... di dalam wilayah Lebanon," papar pernyataan Unifil di X pada Minggu (6/10/2024).

"Ini adalah perkembangan yang sangat berbahaya. Tidak dapat diterima untuk membahayakan keselamatan pasukan penjaga perdamaian PBB yang melaksanakan tugas yang diamanatkan Dewan Keamanan," tegas Unifil.

Unifil menambahkan, “Militer Israel telah berulang kali diberitahu tentang situasi yang sedang berlangsung ini melalui saluran regular."

Hal itu mengingatkan "semua aktor tentang kewajiban mereka untuk melindungi personel dan properti PBB".

Analis politik Lebanon Ali Rizk mengatakan kepada Middle East Eye bahwa peran utama Unifil adalah memantau pelanggaran oleh Israel atau Hizbullah dan mengganggu aktivitasnya dapat membuat pelanggaran lebih umum terjadi.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1096 seconds (0.1#10.140)