Makin Memanas, Iran Siapkan 10 Skenario Serangan Jika Diserang Israel

Selasa, 08 Oktober 2024 - 07:06 WIB
loading...
Makin Memanas, Iran...
Dampak serangan rudal Iran ke Israel pada Selasa pekan lalu. Iran kini siapkan 10 skenario serangan jika Israel nekat menyerang balik. Foto/The War Zone
A A A
TEHERAN - Militer Iran telah menyiapkan setidaknya sepuluh skenario serangan sebagai respons jika diserang Israel.

Itu diungkap kantor berita Tasnim yang dikelola oleh Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran. Persiapan untuk saling serang ini semakin memanaskan konflik di Timur Tengah ketika perang Gaza antara Israel dan Hamas telah berlangsung setahun.

Iran telah menyerang Israel dengan lebih dari 180 rudal pada Selasa malam lalu, menargetkan sejumlah pangkalan militer dalam apa yang dikatakan Teheran sebagai respons atas pembunuhan terhadap pemimpin Hamas dan Hizbullah oleh rezim Zionis.

Israel berjanji untuk meluncurkan serangan serius dan signifikan sebagai balasan.



Menurut laporan Tasnim, Teheran telah menyiapkan setidaknya sepuluh skenario untuk menanggapi tindakan Israel apa pun.

“Respons Iran tidak akan selalu berupa balasan yang setara dengan tindakan Israel, tetapi mungkin lebih keras dan menargetkan target yang berbeda yang akan meningkatkan efektivitas respons,” kata sumber militer Iran kepada media tersebut pada Senin (7/10/2024) malam.

"Karena Israel jauh lebih kecil daripada Iran dan memiliki infrastruktur yang lebih sedikit dan lebih sensitif, pembalasan Iran dapat menyebabkan masalah yang belum pernah terjadi sebelumnya,” lanjut sumber militer tersebut.

"Setiap negara yang membantu Israel dalam kemungkinan serangan akan melewati batas merah Iran dan akan menderita kerusakan,” imbuh dia.

Komentar tersebut tampaknya ditujukan kepada Amerika Serikat (AS), yang telah berkoordinasi dengan pemerintah Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu tentang kemungkinan serangan terhadap Iran.

Minggu lalu, Teheran mengirim pesan ke Washington melalui Qatar bahwa Iran sudah selesai dengan “penahanan diri sepihak".
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0745 seconds (0.1#10.140)