Filipina Geram China Langgar Perjanjian Perihal Bentrokan di Laut China Selatan

Rabu, 02 Oktober 2024 - 16:29 WIB
loading...
A A A
Sekitar USD125 juta akan digunakan untuk pembangunan dan perbaikan lainnya di beberapa bagian pangkalan militer Filipina yang akan diduduki pasukan AS berdasarkan Perjanjian Kerja Sama Pertahanan yang Ditingkatkan tahun 2014.

“Republik Rakyat China tidak akan berhenti dan kami juga bertekad,” kata Duta Besar Filipina untuk AS Jose Manuel Romualdez di kesempatan tersebut.

Sekarang setelah serangkaian tindakan permusuhan terbaru oleh pasukan China terhadap kapal dan pesawat Filipina di Laut China Selatan. Kepala Komando Indo-Pasifik AS Laksamana Samuel Paparo telah meyakinkan bahwa pasukan AS siap dengan “berbagai pilihan” untuk menghadapi meningkatnya tindakan agresi di Laut China Selatan, menurut laporan Navy Times.

Militer AS terbuka untuk mengawal kapal-kapal Filipina di Laut China Selatan, kata Paparo, tetapi belum mengungkapkan rincian opsi lainnya.

Beijing telah menggunakan alasan AS mengerahkan sistem rudal jarak menengah di Filipina utara untuk manuver agresif oleh Angkatan Laut China, meski Manila telah menjelaskan bahwa pengerahan tersebut bersifat sementara.

Militer AS juga telah mengatakan bahwa sistem Rudal Standar jarak menengah-6 dan Rudal Serang Darat Tomahawk telah dikerahkan sebagai bagian dari latihan tempur gabungan dengan pasukan Filipina. Sistem senjata tersebut tidak ditembakkan selama latihan dan akan diangkut keluar dari Filipina dalam waktu satu bulan.
(mas)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1289 seconds (0.1#10.140)