Partai Republik Identik Merah dan Demokrat Terkenal Biru, Mengapa Warna Sangat Penting dalam Pemilu AS?

Sabtu, 21 September 2024 - 14:05 WIB
loading...
A A A
Apakah itu penting? Warna dapat memengaruhi cara kita berpikir dan berperilaku. Berbagai penelitian telah menunjukkan efek menenangkan dari warna biru, yang menunjukkan bahwa kita mungkin bersedia menghabiskan lebih banyak uang di toko-toko dengan interior biru atau bahwa lampu jalan biru dapat mencegah bunuh diri dan mengurangi kejahatan.

Warna tersebut juga dikaitkan dengan kepercayaan, ketergantungan, dan stabilitas. Sementara itu, para peneliti psikologi berpendapat bahwa tim olahraga yang mengenakan warna merah lebih agresif dan sukses daripada tim yang mengenakan warna lain, meskipun temuan ini sering kali ditentang — termasuk oleh meta-analisis terbaru dalam International Journal of Sport and Exercise Psychology, yang menyimpulkan bahwa "pekerjaan empiris yang dikontrol dengan cermat tentang warna dalam konteks olahraga masih langka."

Penelitian tentang dampak warna pada sikap politik atau perilaku memilih masih langka. Namun, ada beberapa diskusi akademis tentang apakah bahasa yang membagi pemilih ke dalam kubu yang berlawanan mendorong polarisasi.

Dalam salah satu dari sedikit penelitian tentang penggunaan "negara bagian merah" dan "negara bagian biru," Benjamin Gross, seorang profesor sosiologi dan kriminologi di Universitas St. Bonaventure, New York, menganalisis penggunaan istilah tersebut oleh surat kabar antara tahun 2003 dan 2007. Makalahnya menyimpulkan bahwa "pembaca mungkin mengembangkan stereotip negatif terhadap sesama warga Amerika berdasarkan perkembangan perilaku dan keyakinan stereotip 'negara bagian merah' atau 'negara bagian biru'."

"(Penggunaan surat kabar) tidak selalu bersifat politis, tetapi benar-benar berasumsi bahwa kedua belah pihak terpecah belah satu sama lain," jelasnya dalam sebuah wawancara telepon.

9. Berdampak pada Polarisasi Politik

Partai Republik Identik Merah dan Demokrat Terkenal Biru, Mengapa Warna Sangat Penting dalam Pemilu AS?

Foto/AP

Berbicara kepada CNN menjelang pemilihan umum 2024, lebih dari satu dekade setelah penelitiannya dipublikasikan, Gross mengatakan istilah-istilah tersebut kini mencerminkan kurangnya saling pengertian dan nuansa politik di Amerika yang semakin terpecah belah, seraya menambahkan: "Tidak banyak unggahan media sosial yang perlu dianalisis (ketika penelitian saya keluar pada tahun 2013) tetapi jika saya melihat 'negara bagian merah' dan 'negara bagian biru' pada tagar Twitter, saya akan terkejut melihat apa yang mungkin saya temukan di sana... Saya pikir 'negara bagian merah, negara bagian biru' benar-benar telah masuk ke ruang yang sangat negatif di mana politisi dan jurnalis membicarakannya lebih sebagai fakta sosiologis."

Gross mengatakan bahwa istilah-istilah tersebut mungkin gagal mencerminkan berbagai pendapat yang ada secara bersamaan di dalam negara bagian, lingkungan, dan bahkan individu. Lagi pula, jika isu-isu tersebut tidak hitam atau putih, para pemilih sendiri jarang sepenuhnya merah atau biru.

“Missouri mungkin merupakan negara bagian merah pada hari pemilihan, tetapi Anda akan melihat banyak daerah di Kansas City dan St. Louis yang sangat biru,” ia mencontohkan. “Jadi, di permukaan mungkin saja Partai Konservatif menang dalam pemilihan presiden, tetapi ada banyak orang ‘negara bagian biru’ di daerah itu. Di wilayah geografis mana pun, Anda akan menemukan varian. Banyak orang mengatakan bahwa gagasan ‘negara bagian merah, negara bagian biru’ sebenarnya adalah penyederhanaan yang berlebihan.”
(ahm)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1763 seconds (0.1#10.140)