Hong Kong dan China Kecam Serangan pada Menteri Kehakiman

Jum'at, 15 November 2019 - 15:15 WIB
Hong Kong dan China Kecam Serangan pada Menteri Kehakiman
Hong Kong dan China Kecam Serangan pada Menteri Kehakiman
A A A
HONG KONG - Pemerintah China dan Hong Kong mengecam serangan massa terhadap Menteri Kehakiman Teresa Cheng di London. Penyerangan itu merupakan yang pertama kali terjadi antara demonstran dan menteri pemerintah Hong Kong selama beberapa bulan kerusuhan.

Menteri Kehakiman Teresa Cheng berada di London untuk mempromosikan Hong Kong sebagai pusat resolusi konflik dan pembuat kesepakatan. Dia menjadi target kelompok demonstran yang meneriakkan "pembunuh" dan "memalukan".

"Cheng mengalami luka badan serius," ungkap pernyataan pemerintah Hong Kong tanpa memberi rincian lebih lanjut.

Kedutaan Besar (Kedubes) China di Inggris menyatakan Cheng didorong ke tanah dan mengalami luka bagian tangan. "Cheng dikepung dan diserang puluhan aktivis anti-China dan pro-kemerdekaan. Insiden ini menunjukkan kekerasan dan para pelaku pelanggar hukum kini membawa kekerasan mereka ke luar negeri," papar pernyataan Kedubes China, dilansir Reuters.

China telah mengajukan protes resmi pada Inggris dan mendesak otoritas Inggris membawa para pelaku ke pengadilan.

Pemimpin Hong Kong Carrie Lam juga mengecam keras serangan itu. "Kami mengecam semua bentuk kekerasan dan radikalisme yang melanggar hak asasi orang lain dengan alasan menyuarakan ide politik mereka, yang tidak akan pernah menjadi kepentingan Hong Kong dan masyarakat beradab manapun," ungkap pernyataan pemerintah Hong Kong.
(sfn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4658 seconds (0.1#10.140)