7 Suku yang Terancam Punah, Salah Satunya Batak di Filipina
loading...
A
A
A
JAKARTA - Ada sekitar 150 juta suku yang tinggal di seluruh dunia – tetapi sampai kapan? Beberapa di antaranya terancam punah.
Melansir wanderlustmagazine, korban keserakahan dan genosida, Akuntsu adalah salah satu suku adat yang kepunahannya hampir tak terelakkan. Hingga tahun 1980-an, ratusan Akuntsu hidup dalam ketidakjelasan yang nyaman di Rondônia, Brasil barat laut, berburu dan menanam tanaman di kebun kecil mereka. Kemudian wilayah tersebut dibuka untuk pembangunan.
Konstitusi Brasil melindungi tanah suku yang tidak terkontak sehingga beberapa peternak dan penebang memutuskan cara terbaik untuk mengeksploitasi alam liar Rondônia yang hijau – dan menghindari birokrasi – adalah dengan membantai Akuntsu. Setelah satu insiden sekitar tahun 1990, di mana sejumlah besar Akuntsu terbunuh, hanya tujuh orang dari suku tersebut yang tersisa. Para penyintas yang ketakutan mundur lebih dalam ke dalam hutan.
Hingga November 2018, hanya ada empat Akuntsu yang tersisa, meskipun berada di kawasan lindung. Karena adat suku tersebut tidak mengizinkan orang luar untuk menikah, masa depan Akuntsu tampaknya tidak ada.
Dalam bahasa Andaman Aka-Bea, Jarawa berarti 'orang asing'. Sebagai salah satu dari empat orang asli Kepulauan Andaman, suku Jarawa adalah orang asing bagi dunia modern hingga tahun 1998. Mereka masih berburu dan memancing dan, setelah dua epidemi campak, mereka lebih suka reservasi terpencil mereka di hutan hujan purba.
Sayangnya, wisatawan dan pemburu liar tidak akan membiarkan suku Jarawa hidup. Pada tahun 2002, Mahkamah Agung India memerintahkan penutupan Jalan Raya Andaman Besar, yang membentang melalui reservasi dan digunakan oleh banyak wisatawan yang membayar untuk memotret suku tersebut
Meskipun ada upaya dari pihak berwenang, rute tersebut masih digunakan sebagai sarana akses ke tempat-tempat wisata yang terletak di utara, seperti Gua Batu Kapur Bharatang. Rute laut alternatif dibuka pada bulan Oktober 2017, dengan tujuan untuk mencegah wisatawan melakukan 'safari manusia' melalui tanah masyarakat adat. Namun, upaya penguatan untuk melindungi Jarawa belum terlihat dan antrean kendaraan yang mengantre untuk melaju di sepanjang jalan tersebut masih menjadi pemandangan yang biasa.
Ras nelayan ini, yang menetap di pesisir timur Baltik 4.000 tahun yang lalu, menyebut diri mereka sebagai raandalist – diterjemahkan sebagai 'penghuni pantai'. Namun, setelah berabad-abad perang dan asimilasi paksa, wilayah inti mereka telah menyusut menjadi belasan desa pesisir Latvia; Mazirbe, ibu kota budaya mereka, hanya berpenduduk 134 orang (akurat per tahun 2005).
Meski terdengar suram, budaya Liv akhirnya terbebas dari penganiayaan Soviet – pesisir Liv secara resmi dilindungi oleh pemerintah Latvia.
Klaim bahwa penutur asli terakhir bahasa Liv telah meninggal pada tahun 2009 terbukti prematur, dengan lima penutur asli ditemukan di tiga benua. Bahasa tersebut diajarkan di universitas-universitas di Latvia.
Suku Nukak adalah salah satu dari sedikitnya 32 masyarakat adat di Kolombia yang telah diidentifikasi PBB sebagai berisiko mengalami kepunahan. Penjajah bersenjata, menanam kakao untuk perdagangan kokain, dan konflik militer antara pemberontak dan pemerintah telah mengubah hutan hujan Kolombia selatan tempat suku Nukak pernah berkeliaran menjadi tempat yang berbahaya.
Ratusan suku Nukak kini tinggal di kamp pengungsian, dengan banyak anggota yang lebih muda yang putus asa untuk meninggalkan gaya hidup tradisional mereka. Namun, asimilasi bisa berakibat fatal bagi orang-orang yang sistem kekebalan tubuhnya hampir tidak mampu menahan flu biasa. Survival International memperkirakan bahwa 50% suku Nukak telah meninggal sejak suku tersebut pertama kali melakukan kontak rutin dengan dunia luar pada tahun 1988.
Tidak seorang pun benar-benar tahu dari mana suku El Molo berasal, tetapi sisa-sisa terakhir dari kelompok etnis terkecil di Kenya berkumpul bersama di pantai tenggara Danau Turkana. Setelah bertahun-tahun berkonflik dengan kelompok etnis lain, mereka hidup menyendiri. Memancing ikan Nile perch yang besar menentukan kehidupan mereka – el molo adalah istilah Maasai untuk ‘mereka yang mencari nafkah selain dari ternak’ – tetapi Danau Turkana perlahan menguap dan semakin tercemar, menyebabkan wabah kolera yang berulang.
Bahasa asli suku El Molo hampir punah. Anak-anak diajarkan bahasa Inggris di sekolah dan hanya beberapa orang tua yang berbicara dalam bahasa ibu mereka (sebagian besar menggunakan bahasa Maa atau Swahili). Namun, pariwisata – khususnya pembelian seni dan kerajinan asli – membawa sedikit stabilitas ekonomi bagi El Molo.
Di bawah pemerintahan genosida Khmer Merah, suku S’aoch dieksekusi hanya karena berbicara dalam bahasa ibu mereka. Dalam kekacauan hebat yang melanda Kamboja pada akhir tahun 1970-an, suku S’aoch kehilangan tanah air pesisir mereka dan kini tinggal di Samrong Loeu, sebuah desa di barat daya Kamboja, tempat hanya 10 tetua yang masih berbicara bahasa tersebut.
Ahli bahasa Prancis Jean-Michel Filippi berharap dapat melestarikan bahasa tersebut (salah satu dari 19 bahasa yang terancam punah di Kamboja). Namun, banyak orang S’aoch, yang miskin karena tidak memiliki ladang untuk digarap, meninggalkan adat istiadat tradisional untuk berbicara bahasa Khmer, bahasa tetangga mereka yang kaya.
Lima puluh ribu tahun yang lalu, suku Batak menyeberangi jembatan darat ke Filipina dan menetap di Palawan utara untuk berburu, bertani, dan memancing. Dalam paradoks mematikan yang menimpa banyak masyarakat adat, lanskap leluhur suku Batak terancam oleh perampasan tanah dan penebangan liar sementara metode penanaman berpindah tradisional mereka telah dilarang sebagian dan terancam oleh 'kawasan lindung' yang dibuat untuk menjaga lingkungan.
Kebutuhan mendesak suku Batak sederhana: makanan. Namun, hasil panen padi telah anjlok drastis sejak tahun 1994, ketika pertanian mereka melanggar peraturan pemerintah. Menderita angka kelahiran rendah, angka kematian bayi tinggi, dan kekurangan gizi parah, suku Batak hanya dapat bertahan hidup jika mereka memperoleh hak hukum untuk hidup di tanah mereka dengan cara tradisional.
7 Suku yang Terancam Punah, Salah Satunya Batak di Filipina
1. Akuntsu, Brasil
Perkiraan populasi yang masih hidup: 4 (akurat per 2018)Melansir wanderlustmagazine, korban keserakahan dan genosida, Akuntsu adalah salah satu suku adat yang kepunahannya hampir tak terelakkan. Hingga tahun 1980-an, ratusan Akuntsu hidup dalam ketidakjelasan yang nyaman di Rondônia, Brasil barat laut, berburu dan menanam tanaman di kebun kecil mereka. Kemudian wilayah tersebut dibuka untuk pembangunan.
Konstitusi Brasil melindungi tanah suku yang tidak terkontak sehingga beberapa peternak dan penebang memutuskan cara terbaik untuk mengeksploitasi alam liar Rondônia yang hijau – dan menghindari birokrasi – adalah dengan membantai Akuntsu. Setelah satu insiden sekitar tahun 1990, di mana sejumlah besar Akuntsu terbunuh, hanya tujuh orang dari suku tersebut yang tersisa. Para penyintas yang ketakutan mundur lebih dalam ke dalam hutan.
Hingga November 2018, hanya ada empat Akuntsu yang tersisa, meskipun berada di kawasan lindung. Karena adat suku tersebut tidak mengizinkan orang luar untuk menikah, masa depan Akuntsu tampaknya tidak ada.
2. Jarawa (Kepulauan Andaman, India)
Perkiraan populasi yang masih hidup: 400 (akurat hingga 2018)Dalam bahasa Andaman Aka-Bea, Jarawa berarti 'orang asing'. Sebagai salah satu dari empat orang asli Kepulauan Andaman, suku Jarawa adalah orang asing bagi dunia modern hingga tahun 1998. Mereka masih berburu dan memancing dan, setelah dua epidemi campak, mereka lebih suka reservasi terpencil mereka di hutan hujan purba.
Sayangnya, wisatawan dan pemburu liar tidak akan membiarkan suku Jarawa hidup. Pada tahun 2002, Mahkamah Agung India memerintahkan penutupan Jalan Raya Andaman Besar, yang membentang melalui reservasi dan digunakan oleh banyak wisatawan yang membayar untuk memotret suku tersebut
Meskipun ada upaya dari pihak berwenang, rute tersebut masih digunakan sebagai sarana akses ke tempat-tempat wisata yang terletak di utara, seperti Gua Batu Kapur Bharatang. Rute laut alternatif dibuka pada bulan Oktober 2017, dengan tujuan untuk mencegah wisatawan melakukan 'safari manusia' melalui tanah masyarakat adat. Namun, upaya penguatan untuk melindungi Jarawa belum terlihat dan antrean kendaraan yang mengantre untuk melaju di sepanjang jalan tersebut masih menjadi pemandangan yang biasa.
3. Suku Livonia (Latvia)
Perkiraan populasi yang masih hidup: 200 (akurat per tahun 2018)Ras nelayan ini, yang menetap di pesisir timur Baltik 4.000 tahun yang lalu, menyebut diri mereka sebagai raandalist – diterjemahkan sebagai 'penghuni pantai'. Namun, setelah berabad-abad perang dan asimilasi paksa, wilayah inti mereka telah menyusut menjadi belasan desa pesisir Latvia; Mazirbe, ibu kota budaya mereka, hanya berpenduduk 134 orang (akurat per tahun 2005).
Meski terdengar suram, budaya Liv akhirnya terbebas dari penganiayaan Soviet – pesisir Liv secara resmi dilindungi oleh pemerintah Latvia.
Klaim bahwa penutur asli terakhir bahasa Liv telah meninggal pada tahun 2009 terbukti prematur, dengan lima penutur asli ditemukan di tiga benua. Bahasa tersebut diajarkan di universitas-universitas di Latvia.
4. Nukak (Kolombia)
Perkiraan populasi yang masih hidup: 420 (akan diumumkan)Suku Nukak adalah salah satu dari sedikitnya 32 masyarakat adat di Kolombia yang telah diidentifikasi PBB sebagai berisiko mengalami kepunahan. Penjajah bersenjata, menanam kakao untuk perdagangan kokain, dan konflik militer antara pemberontak dan pemerintah telah mengubah hutan hujan Kolombia selatan tempat suku Nukak pernah berkeliaran menjadi tempat yang berbahaya.
Ratusan suku Nukak kini tinggal di kamp pengungsian, dengan banyak anggota yang lebih muda yang putus asa untuk meninggalkan gaya hidup tradisional mereka. Namun, asimilasi bisa berakibat fatal bagi orang-orang yang sistem kekebalan tubuhnya hampir tidak mampu menahan flu biasa. Survival International memperkirakan bahwa 50% suku Nukak telah meninggal sejak suku tersebut pertama kali melakukan kontak rutin dengan dunia luar pada tahun 1988.
5. El Molo (Kenya)
Perkiraan populasi yang masih hidup: 800 (akurat per 2018)Tidak seorang pun benar-benar tahu dari mana suku El Molo berasal, tetapi sisa-sisa terakhir dari kelompok etnis terkecil di Kenya berkumpul bersama di pantai tenggara Danau Turkana. Setelah bertahun-tahun berkonflik dengan kelompok etnis lain, mereka hidup menyendiri. Memancing ikan Nile perch yang besar menentukan kehidupan mereka – el molo adalah istilah Maasai untuk ‘mereka yang mencari nafkah selain dari ternak’ – tetapi Danau Turkana perlahan menguap dan semakin tercemar, menyebabkan wabah kolera yang berulang.
Bahasa asli suku El Molo hampir punah. Anak-anak diajarkan bahasa Inggris di sekolah dan hanya beberapa orang tua yang berbicara dalam bahasa ibu mereka (sebagian besar menggunakan bahasa Maa atau Swahili). Namun, pariwisata – khususnya pembelian seni dan kerajinan asli – membawa sedikit stabilitas ekonomi bagi El Molo.
6. S’aoch (Kamboja)
Perkiraan populasi yang masih hidup: 110 (akan diumumkan)Di bawah pemerintahan genosida Khmer Merah, suku S’aoch dieksekusi hanya karena berbicara dalam bahasa ibu mereka. Dalam kekacauan hebat yang melanda Kamboja pada akhir tahun 1970-an, suku S’aoch kehilangan tanah air pesisir mereka dan kini tinggal di Samrong Loeu, sebuah desa di barat daya Kamboja, tempat hanya 10 tetua yang masih berbicara bahasa tersebut.
Ahli bahasa Prancis Jean-Michel Filippi berharap dapat melestarikan bahasa tersebut (salah satu dari 19 bahasa yang terancam punah di Kamboja). Namun, banyak orang S’aoch, yang miskin karena tidak memiliki ladang untuk digarap, meninggalkan adat istiadat tradisional untuk berbicara bahasa Khmer, bahasa tetangga mereka yang kaya.
7. Batak (Filipina)
Perkiraan populasi yang masih hidup: Kurang dari 300 (akurat per 2018)Lima puluh ribu tahun yang lalu, suku Batak menyeberangi jembatan darat ke Filipina dan menetap di Palawan utara untuk berburu, bertani, dan memancing. Dalam paradoks mematikan yang menimpa banyak masyarakat adat, lanskap leluhur suku Batak terancam oleh perampasan tanah dan penebangan liar sementara metode penanaman berpindah tradisional mereka telah dilarang sebagian dan terancam oleh 'kawasan lindung' yang dibuat untuk menjaga lingkungan.
Kebutuhan mendesak suku Batak sederhana: makanan. Namun, hasil panen padi telah anjlok drastis sejak tahun 1994, ketika pertanian mereka melanggar peraturan pemerintah. Menderita angka kelahiran rendah, angka kematian bayi tinggi, dan kekurangan gizi parah, suku Batak hanya dapat bertahan hidup jika mereka memperoleh hak hukum untuk hidup di tanah mereka dengan cara tradisional.
(ahm)