4 Alasan Iron Dome Israel Diganti Iron Beam, Salah Satunya Efektifkan Menghancurkan Drone

Senin, 16 September 2024 - 20:20 WIB
loading...
A A A
Sistem serupa sedang dalam berbagai tahap pengembangan di negara lain, termasuk Inggris, yang berhasil menguji laser DragonFire awal tahun ini. Laporan pada akhir tahun 2023 mengklaim Iron Beam telah dikerahkan untuk mencegat roket yang ditembakkan dari Gaza, tetapi seorang pejabat pertahanan Israel mengatakan kepada Newsweek bahwa laporan tersebut salah.

"Mungkin ada manfaat besar bagi Israel jika dapat melakukannya dengan benar," kata James Black, asisten direktur kelompok penelitian Pertahanan dan Keamanan di lembaga pemikir RAND Europe.

Iron Beam tidak hanya akan memperkuat pertahanan Israel, tetapi juga akan menunjukkan seberapa efektif senjata energi terarah, katanya kepada Newsweek. Ini kemudian akan memposisikan Israel sebagai "pengguna awal kemampuan baru ini, dan dengan demikian juga sebagai eksportir potensial bagi militer lain yang mencari sistem serupa."

AS telah mendedikasikan USD1,2 miliar untuk pengembangan Iron Beam, sementara Washington mengkaji proyek lasernya sendiri. Angkatan Darat AS telah melontarkan gagasan untuk memperoleh Iron Beam, jika terbukti berhasil.

Beberapa rudal pencegat dalam sistem pertahanan udara dapat berharga beberapa juta dolar per unit, menjadikannya alternatif yang lebih murah untuk menangkis drone murah atau roket yang dibuat dengan biaya murah sebagai prospek yang menarik. Jumlah intersepsi juga tidak dibatasi oleh jumlah rudal yang tersedia.

Namun, sistem berbasis laser dibatasi oleh kondisi cuaca dan kebutuhan untuk memiliki garis pandang ke target.
(ahm)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0866 seconds (0.1#10.140)