6 Tanda Israel akan Segera Hancur Menurut Ilan Pappe

Jum'at, 13 September 2024 - 19:30 WIB
loading...
A A A
Sebelumnya, gerakan solidaritas Palestina global mampu menggerakkan orang untuk berpartisipasi dalam inisiatif boikot, tetapi gagal memajukan prospek sanksi internasional.

Di sebagian besar negara, dukungan untuk Israel tetap tak tergoyahkan di antara lembaga politik dan ekonomi.
Dalam konteks ini, keputusan ICJ dan ICC baru-baru ini, bahwa Israel mungkin melakukan genosida, bahwa Israel harus menghentikan serangannya di Rafah, bahwa para pemimpinnya harus ditangkap karena kejahatan perang, harus dilihat sebagai upaya untuk mengindahkan pandangan masyarakat sipil global, bukan sekadar mencerminkan pendapat elit.

Pengadilan tersebut tidak meredakan serangan brutal terhadap warga Gaza dan Tepi Barat. Namun, mereka telah berkontribusi pada meningkatnya kritik yang ditujukan kepada negara Israel, yang semakin banyak datang dari atas maupun bawah.

4. Pemuda Yahudi Melepaskan Hubungan dengan Israel dan Zionisme


Indikator keempat yang saling terkait adalah perubahan besar di kalangan pemuda Yahudi di seluruh dunia.

Setelah kejadian selama sembilan bulan terakhir, banyak yang kini tampaknya bersedia melepaskan hubungan mereka dengan Israel dan Zionisme serta berpartisipasi aktif dalam gerakan solidaritas Palestina.

Komunitas Yahudi, khususnya di AS, pernah memberi Israel kekebalan yang efektif terhadap kritik.

Lenyapnya, atau setidaknya hilangnya sebagian, dukungan ini memiliki implikasi besar bagi kedudukan global negara tersebut.

AIPAC masih dapat mengandalkan Zionis Kristen untuk memberikan bantuan dan memperkuat keanggotaannya, tetapi organisasi ini tidak akan sama tangguhnya tanpa konstituensi Yahudi yang signifikan. Kekuatan lobi sedang terkikis.

5. Kelemahan Militer Israel Terkuak


Indikator kelima adalah kelemahan militer Israel. Tidak diragukan lagi bahwa IDF tetap menjadi kekuatan yang kuat dengan persenjataan canggih yang dimilikinya.

Namun keterbatasannya terungkap pada tanggal 7 Oktober. Banyak orang Israel merasa bahwa militer sangat beruntung, karena situasinya bisa jauh lebih buruk jika Hizbullah bergabung dalam serangan terkoordinasi.
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0945 seconds (0.1#10.140)