Eks Penasihat Kremlin: Moskow Harus Yakinkan Musuh Bahwa Rusia Siap Gunakan Senjata Nuklir

Kamis, 12 September 2024 - 06:57 WIB
loading...
A A A
"Sudah saatnya kami menyatakan bahwa setiap serangan besar-besaran terhadap wilayah kami memberi kami hak untuk menanggapi dengan serangan nuklir," tegas Karaganov.

Dia juga meminta Moskow untuk secara jelas mendefinisikan langkah-langkah eskalasi nuklir dalam doktrin berikutnya agar musuh Rusia tidak ragu-ragu tentang apakah Rusia siap menggunakan persenjataan nuklirnya dan kapan.



Presiden Vladimir Putin telah berulang kali menunjukkan posisi yang lebih terkendali dalam masalah ini. Berbicara dengan Karaganov di Forum Ekonomi Internasional St Petersburg pada bulan Juni, presiden mengatakan bahwa Rusia tidak mengacungkan senjata nuklir dan menyatakan harapan bahwa tidak akan pernah terjadi pertukaran nuklir antara Moskow dan Barat.

"Moskow tidak punya alasan untuk berpikir tentang penggunaan senjata nuklir," katanya saat itu, sambil meminta pejabat Rusia untuk tidak menyentuh masalah senjata nuklir kecuali benar-benar diperlukan.

Kemudian pada bulan Juni, Putin juga mengatakan bahwa Rusia belum memerlukan serangan pencegahan, karena musuh dijamin akan dihancurkan dalam serangan balasan. Namun, dia tidak mengesampingkan kemungkinan perubahan pada doktrin tersebut.
(mas)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1095 seconds (0.1#10.140)