Eks Penasihat Kremlin: Moskow Harus Yakinkan Musuh Bahwa Rusia Siap Gunakan Senjata Nuklir

Kamis, 12 September 2024 - 06:57 WIB
loading...
Eks Penasihat Kremlin:...
Mantan penasihat Kremlin Sergey Karaganov serukan revisi doktrin nuklir untuk meyakinkan musuh bahwa Rusia siap menggunakan senjata nuklir. Foto/Sputnik/Evgeny Biyatov
A A A
MOSKOW - Mantan penasihat Kremlin Sergey Karaganov mengatakan doktrin nuklir Moskow sangat perlu direvisi dengan tujuan untuk meyakinkan musuh bahwa Rusia siap menggunakan senjata nuklir.

Mantan penasihat kebijakan luar negeri untuk wakil kepala administrasi kepresidenan Rusia itu mengatakan kepada harian Kommersant bahwa doktrin yang ada sangat ketinggalan zaman dan tidak lagi berfungsi sebagai pencegah yang efektif.

Diadopsi pada tahun 2020, doktrin nuklir Rusia tidak mengatur serangan nuklir pre-emptive dan membayangkan penggunaan senjata nuklir hanya dalam "kasus luar biasa" dalam menghadapi ancaman terhadap kedaulatan dan integritas teritorial negara tersebut.



Menurut Karaganov, pendekatan ini telah membuatnya hampir tidak berguna dan secara efektif telah mengecualikan faktor pencegahan nuklir dari persenjataan militer dan kebijakan luar negeri Rusia.

"Kami telah membiarkan situasi memburuk ke titik ketika musuh kami percaya kami tidak akan menggunakan senjata nuklir dalam keadaan apa pun," kata ilmuwan politik tersebut.

"Memiliki senjata nuklir tanpa mampu meyakinkan musuh Anda bahwa Anda siap menggunakannya adalah bunuh diri," paparnya, yang dilansir Russia Today, Kamis (12/9/2024).

"Kegagalan untuk memiliki kebijakan pencegahan nuklir yang efektif akan menjerumuskan dunia ke dalam serangkaian perang yang pasti akan berubah menjadi nuklir dan berakhir dengan Perang Dunia III," lanjut Karaganov, menambahkan bahwa ini dapat terjadi dalam rentang waktu beberapa tahun ke depan.

"Tujuan utama dari sebuah doktrin harus meyakinkan semua musuh saat ini dan masa depan bahwa Rusia siap menggunakan senjata nuklir," kata Karaganov.

Pernyataannya itu disampaikan di tengah berlanjutnya serbuan Ukraina ke wilayah Kursk, Rusia, dan upaya Kyiv untuk memperoleh izin penggunaan rudal jarak jauh Barat guna menyerang jauh ke dalam wilayah Rusia.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1641 seconds (0.1#10.140)