Tuntut Pembebasan Sandera, 750.000 Demonstran Lumpuhkan Tel Aviv

Minggu, 08 September 2024 - 17:25 WIB
loading...
Tuntut Pembebasan Sandera,...
Ribuan warga Israel berdemonstrasi menuntut pembebasan sandera. Foto/AP
A A A
GAZA - Diperkirakan 750.000 warga Israel turun ke jalan dalam salah satu protes terbesar Israel yang pernah ada saat mereka menuntut agar pemerintah Perdana Menteri Benjamin Netanyahu membuat kesepakatan untuk membebaskan tawanan yang tersisa di Gaza.

Jumlah demonstran yang memecahkan rekor itu terjadi seminggu setelah Angkatan Darat Israel mengumumkan telah menemukan jasad enam tawanan dari sebuah terowongan di Gaza selatan.

Anggota keluarga sandera Israel dan kelompok yang mewakili mereka menyalahkan Perdana Menteri Israel Netanyahu dan pemerintahnya karena gagal mengamankan kesepakatan gencatan senjata yang akan menjamin pembebasan mereka.

Lebih dari 100 sandera masih berada di Gaza, tetapi sekitar sepertiga dari mereka diyakini telah tewas, menurut militer Israel. Sebanyak 105 tawanan dibebaskan oleh Hamas dengan imbalan 240 tahanan Palestina yang ditahan di penjara Israel sebagai bagian dari kesepakatan pada bulan November.

Para pejuang Palestina yang dipimpin oleh Hamas menyandera sekitar 240 orang setelah serangan di Israel selatan pada tanggal 7 Oktober. Setidaknya 1.139 orang tewas dalam serangan tersebut.



Sejak saat itu, Israel telah menewaskan lebih dari 40.000 warga Palestina di Gaza dan menghancurkan sebagian besar wilayah kantong pantai tersebut dalam sebuah kampanye yang telah menyebabkan kecaman global. Israel juga telah menewaskan lebih dari 600 orang di Tepi Barat yang diduduki dan menahan hampir 10.000 warga Palestina.

Melansir Al Jazeera, penyelenggara mengatakan 500.000 orang menghadiri unjuk rasa di Tel Aviv, dan 250.000 lainnya bergabung dalam unjuk rasa di kota-kota lain di negara tersebut.

Hamdah Salhut dari Al Jazeera melaporkan dari Amman, Yordania, karena saluran tersebut telah dilarang di Israel oleh pemerintah, mengatakan sebagian besar demonstran mengatakan mereka akan terus melakukan protes hingga pemerintah mendengar tuntutan mereka dan mengubah kebijakannya.

“Demonstrasi berturut-turut selama seminggu terakhir dihadiri oleh massa yang belum pernah terjadi sebelumnya, tetapi Netanyahu menegaskan bahwa tekanan militer masih menjadi cara utama untuk membawa pulang tawanan yang tersisa, dan kesepakatan untuk membebaskan mereka masih belum terlihat,” lapor Salhut.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1483 seconds (0.1#10.140)