Pasukan Israel Mundur dari Jenin, Serang Wilayah Tepi Barat Lainnya

Sabtu, 07 September 2024 - 12:23 WIB
loading...
Pasukan Israel Mundur...
Seorang pria berjalan di jalan yang rusak setelah serangan tentara Israel di Jenin, Tepi Barat, pada Rabu, 4 September 2024. Foto/AP/Majdi Mohammed
A A A
JENIN - Militer Israel telah mundur dari kota Jenin di Tepi Barat dan kamp pengungsinya setelah serangan militer yang menewaskan banyak orang dan menghancurkan infrastruktur penting.

Kantor berita Palestina Wafa mengonfirmasi pada Jumat (6/9/2024) bahwa pasukan Israel telah mundur dari kota tersebut setelah pengepungan selama 10 hari, tetapi penduduk khawatir tentara akan kembali setelah pindah sementara ke pos pemeriksaan militer di sekitarnya.

Sebanyak 21 warga Palestina, termasuk anak-anak dan orang tua, telah tewas di Jenin selama beberapa hari terakhir, menurut Kementerian Kesehatan Palestina pada Jumat, dan 130 orang lainnya terluka.

Militer Israel mengatakan pada Jumat bahwa pasukannya telah "melakukan aktivitas kontraterorisme di wilayah Jenin", tanpa mengonfirmasi penarikan tersebut.

Dalam pernyataan tertulisnya, disebutkan mereka telah menewaskan 14 orang dan menangkap lebih dari 30 "tersangka" di Jenin selama pengepungan tersebut.

Militer Israel mengklaim menghancurkan sekitar 30 bahan peledak, serta gudang senjata bawah tanah yang terletak di bawah satu masjid dan satu laboratorium untuk produksi bahan peledak.

Militer Israel melancarkan serangan di wilayah utara Tepi Barat pada tanggal 28 Agustus yang menargetkan Jenin dan Tulkarem di antara wilayah lainnya dalam serangan terbesarnya di wilayah yang diduduki tersebut sejak Intifada kedua pada awal tahun 2000-an.

"Warga Palestina di Jenin akhirnya dapat keluar dari rumah mereka dan melihat serta menilai tingkat kerusakan, sementara mereka yang harus meninggalkan kota akhirnya kembali," ujar jurnalis Leila Warah, yang melaporkan dari Ramallah.

Dia mencatat militer Israel masih hadir di wilayah lain di Tepi Barat, dengan serangan di kamp pengungsi Nablus dan Balata serta penggerebekan di wilayah Betlehem, Hebron, dan Ramallah.

Warga Jenin memanfaatkan jeda kekerasan itu untuk mencari-cari di antara puing-puing bangunan yang hancur dan mendata kerusakannya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1491 seconds (0.1#10.140)